Melihat Gugus Bintang Pleiades di Langit Malam

Gugus bintang Pleiades di dekat rasi bintang Taurus dan Orion di langit Batu Malang. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Malam ini hingga malam-malam selanjutnya hingga beberapa bulan ke depan, kita berkesempatan melihat sebuah gugusan bintang yang bernama Pleiades atau yang dijuluki sebagai Bintang Tujuh, dalam budaya Jawa juga dikenal sebagai Lintang Kartika.

Pada malam-malam bulan Oktober hingga November, gugus bintang Pleiades muncul beberapa jam setelah Matahari terbenam hingga esok harinya sebelum Matahari terbit. Anda dapat menggunakan "jasa" bintang Aldebaran yang ada di dekatnya (seperti foto di atas) untuk menemukan gugus bintang ini.

Anda dapat melihat Pleiades dengan mudah walaupun hanya dengan mata telanjang, tapi memang akan lebih jelas jika diamati lewat teropong atau teleskop. Dan gugus bintang ini dapat diamati di seluruh Indonesia bila langit cerah.

Mengenal Pleiades

Dalam astronomi, Pleiades atau Lintang Kartika (Obyek Messier 45) adalah sebuah gugus bintang terbuka di rasi bintang Taurus, merupakan gugus bintang paling jelas dilihat dengan mata telanjang, dan salah satu yang terdekat dengan Bumi.

Gugus bintang ini didominasi oleh bintang-bintang biru panas yang terbentuk kurang dari 100 juta tahun yang lalu. Debu yang membentuk nebula pemantul di sekitar bintang-bintang terang awalnya dikira sebagai sisa-sisa pembentuknya (dari sini nama alternatif Nebula Maia diturunkan dari bintang Maia), namun sekarang diketahui bahwa nebula tersebut hanyalah awan debu medium antarbintang yang kebetulan sedang dilintasi oleh gugus.

Gugus bintang Pleiades. Kredit: Greg Hogan
Para astronom memperkirakan gugus bintang Pleiades akan bertahan hingga sekitar 250 juta tahun lagi, setelah itu gugus akan tercerai-berai karena interaksi gravitasi dengan obyek-obyek tetangganya.

Gugusan bintang ini terdiri dari lebih dari seribu bintang yang sudah diketahui. Namun, karena jaraknya yang cukup jauh dengan Bumi, Pleiades terlihat hanya terdiri dari tujuh bintang utamanya, yaitu (menurut urutan abjad): Alcyone, Celaeno, Electra,  Maia, Merope, Taygeta, dan Sterope.

Meskipun kadang disebut sebagai rasi bintang, Pleiades sebenarnya bukanlah salah satu dari 88 rasi bintang yang diakui oleh International Astronomical Union (IAU). Lebih tepatnya, Pleiades adalah salah satu asterisma, yaitu kumpulan bintang yang membuat suatu bentuk tertentu (sebagaimana rasi) namun merupakan bagian dari satu atau lebih rasi yang diakui oleh IAU.

Selamat berburu Pleiades!