HARI INI 1974: Sinyal Radio Pertama Manusia Dikirim ke Luar Angkasa

Pesan Arecibo. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Tahukah Anda? Manusia pernah mengirim sinyal radio paling kuat yang pernah dan sengaja dikirim ke luar angkasa dengan tujuan untuk menghubungi kehidupan asing di luar sana. Pengiriman sinyal ini merupakan bagian dari acara yang diadakan untuk menandai pembaruan besar untuk Teleskop Radio Arecibo di Puerto Rico.

Pengiriman sinyal berisi pesan ini juga sebagai cara untuk memperluas pemikiran orang-orang pada tahun 1974 bahwa Bumi mungkin bukan satu-satunya planet di mana peradaban cerdas telah berkembang. Namun ada juga yang tidak setuju, mereka merasa kita tidak harus mencoba untuk mengungkapkan lokasi Bumi di luar angkasa untuk peradaban alien yang tidak kita ketahui.

Sinyal radio berisi pesan ini terdiri dari pola bilangan biner. Pesan ini berisi informasi tentang kimia dasar kehidupan, struktur DNA, lokasi Bumi di Tata Surya kita dan bahkan penjelasan manusia itu sendiri. Klik di sini untuk penjelasan masing-masing bagian dari pesan.

Butuh waktu tiga menit untuk mengirim 1.679 bit informasi sinyal radio ini. Dan sinyal radio ini sangat kuat karena menggunakan pemancar Arecibo pada antena setinggi 305 meter. Pancaran sinyal ini setara dengan 20 triliun watt sinyal omnidirectional, dan akan terdeteksi oleh eksperimen SETI hampir di mana saja di galaksi, dengan asumsi antena penerima ukurannya sama dengan antena Arecibo ini.

Sinyal radio yang dikirim ini bergerak ke arah M13, sebuah gugus bintang bola yang mengorbit pusat galaksi Bima Sakti kita. Gugus bola ini dipilih terutama karena memiliki sejumlah besar bintang dengan asumsi setiap bintang di sana memiliki setidaknya satu planet ekstrasurya yang mengorbitnya.

Sinyal radio yang dikirim tahun 1974 saat ini telah berada pada jarak 39 tahun cahaya dari Bumi hari ini.
HARI INI 1974: Sinyal Radio Pertama Manusia Dikirim ke Luar Angkasa HARI INI 1974: Sinyal Radio Pertama Manusia Dikirim ke Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/18/2015 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.