GALERI: Cantiknya Badai Aurora di Lintang Utara

Aurora 8 November 2015 di Tromso, Norwegia. Kredit: Colin Palmer
Info Astronomy - Badai aurora baru saja terjadi di lintang Utara Bumi, tepatnya di sekitar lingkar Arktik (Arctic Circle) semalam, 8 November 2015 waktu setempat. Badai aurora ini disebabkan intensnya angin Matahari yang membentur atmosfer Bumi kita.

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer Bumi sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya atau angin Matahari).

Di Bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis, yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Sementara itu, di sebelah Selatan dikenal dengan Aurora Australis.

Berikut ini kami tampilkan foto-foto badai Aurora Borealis yang terjadi semalam (8/11):

Aurora 8 November 2015 di Balsfjord, Norwegia. Kredit: Havard Larsen 
Aurora 8 November 2015 di Fairbanks, Alaska. Kredit: Marketa S. Murray 
Aurora 8 November 2015 di Michigan, AS. Kredit: Shawn Malone 
Aurora 8 November 2015 di Yukon, Kanada. Kredit: Jonathan Tucker 
Aurora 8 November 2015 di Tromso, Norwegia. Kredit: Terence Murtagh 
Aurora 8 November 2015 di Moskow, Rusia. Kredit: Oxana Graceva
GALERI: Cantiknya Badai Aurora di Lintang Utara GALERI: Cantiknya Badai Aurora di Lintang Utara Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/09/2015 11:06:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.