Berpetualang ke Olympus Mons di Mars, Gunung Tertinggi Se-Tata Surya

Gunung Olympus kontra Everest dan Mauna Kea. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Gunung Everest di Pegunungan Himalaya mungkin memang menjadi puncak tertinggi di Bumi, namun jika dalam skala Tata Surya, Gunung Everest tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Olympus Mons atau Gunung Olympus di Planet Mars, planet tetangga Bumi kita.

Setidaknya ada 7 gunung di Mars yang tingginya minimal 4.500 m. Tentunya kita masih ingat pendaratan dramatis robot pendarat milik NASA Curiousity di Mars. Robot sebesar mobil ini berhasil mendarat sekitar 10 km dari dasar Gunung Aeolis (Mount Sharp). Gunung ini “hanya” setinggi 5.500 m. Yang paling tinggi di antara gunung yang tinggi-tinggi di Mars adalah Gunung Olympus. Gunung ini menjulang setinggi 25.000 m dari bentangan di sekelilingnya!

Gunung-gunung di Bumi biasanya diukur dalam satuan meter di atas permukaan laut. Tetapi, di Mars tidak ada laut, jadi digunakan acuan yang disebut aeroid, sebuah bola imajiner yang pusatnya berhimpitan dengan pusat planet Mars dan beradius 3.396.000 m (atau hampir sama dengan radius ekuator Mars). Jika dihitung dari aeroid ini, tinggi Gunung Olympus sekitar 21.229 m.

Gunung Olympus tampak samping dan tampak atas. Kredit: NASA
Uniknya, gunung ini juga luas. Dengan diameter 624 km (lebih dari setengah Pulau Jawa!) gunung ini tidak saja menjadi gunung tertinggi tapi juga terbesar di Tata Surya. Salah satu penyebab mengapa Gunung Olympus bisa demikian besar adalah tingginya laju erupsi dan rendahnya gravitasi di Mars. Faktor penyebab lainnya adalah pergerakan kerak kedua planet berbeda.

Di Bumi titik-titik yang “memproduksi” lava tetap, tetapi lempeng-lempeng kerak Bumi bergerak di atasnya. Ketika lempeng itu bergerak, gunung berapi yang baru terbentuk, sedangkan yang lama menjadi mati atau tidak aktif lagi. Dengan demikian total volume lava didistribusikan ke banyak gunung berapi.

Pulau-pulau di Hawaii merupakan hasil dari pergerakan lempeng Pasifik ke arah barat laut. Di lain pihak, lempeng kerak Mars tidak bergerak dan lava menggunduk menjadi satu gunung berapi yang sangat besar akibat erupsi yang berulang-ulang.

Gunung Olympus tampak seperti tameng raksasa karena gunung ini termasuk landai. Saking landai dan besarnya, kalau kalian berdiri di lerengnya tanpa diberitahu berada di gunung, setelah melihat sekeliling mungkin kalian akan merasa berada di dataran yang melandai. Di satu sisi kalian melihat dataran yang melandai ke atas, sedangkan sisi lainnya melandai ke bawah.

Nah, para pencinta alam, berani daki Gunung Olympus? Jangan lupa siapkan kertas bertuliskan "Olympus Mons, 21.229 m" untuk selfie ya.

Pengembara Angkasa, LangitSelatan.com
Berpetualang ke Olympus Mons di Mars, Gunung Tertinggi Se-Tata Surya Berpetualang ke Olympus Mons di Mars, Gunung Tertinggi Se-Tata Surya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/11/2015 02:20:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.