Berkenalan dengan 'Mini Pluto', Objek Terjauh di Tata Surya Kita

Ilustrasi. Kredit: Discovery, NASA
Info Astronomy - Pluto adalah objek terjauh di Tata Surya? Sepertinya tidak. Karena para astronom baru-baru ini telah menemukan V774101, sebuah planetoid yang berjarak sekitar 103 kali lebih jauh dari jarak Bumi-Matahari dan kira-kira tiga kali lebih jauh dari Pluto-Matahari. Objek yang juga dijuluki 'Mini Pluto' ini telah memecahkan rekor jarak terjauh dari objek Tata Surya.

Para astronom belum tahu apakah V774101 memiliki orbit yang lebih dekat ke Sabuk Kuiper, atau akan dijadikan sebagai objek Awan Oort. "Ini akan memakan waktu satu tahun pengamatan untuk menentukan apakah orbit objek ini memotong orbit Neptunus atau tidak," kata astronom Scott Sheppard, dari Carnegie Institution for Science di Washington DC, seperti dilansir dari Discovery News.

Menurut para astroom, jika V774101 tidak pernah berada pada jarak lebih dekat ke Matahari daripada jaraknya saat ini, ia akan langsung diklasifikasikan sebagai objek Awan Oort karena ia berada di luar Sabuk Kuiper. Tetapi jika orbitnya pernah membawanya pada jarak setidaknya 50 SA dari Matahari, ia secara otomatis akan dianggap sebagai objek Sabuk Kuiper, yaitu sebuah benda yang mungkin tersebar setelah orbit Neptunus.

Berdasarkan kecerahannya yang diamati dari Bumi, V774101 diperkirakan memiliki diameter sekitar 500 hingga 1.000 kilometer, atau sekitar setengah ukuran Pluto. Ditemukan beberapa pekan yang lalu sebagai bagian dari pencarian mendalam dari objek-objek di tepi Tata Surya.

Penemuan 'Mini Pluto' ini telah diresmikan di pertemuan American Astronomical Society yang telah berlangsung awal pekan lalu.
Berkenalan dengan 'Mini Pluto', Objek Terjauh di Tata Surya Kita Berkenalan dengan 'Mini Pluto', Objek Terjauh di Tata Surya Kita Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/19/2015 04:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.