Ayo Lihat Dekatnya Bulan, Planet Venus, Mars dan Jupiter pada Sabtu Dinihari

Letak Bulan, Venus, Mars dan Jupiter. Kredit: Stelarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Pemandangan indah akan tersaji di langit Timur pada Sabtu, 7 November 2015 dinihari. Bulan Sabit tua akan berada di dekat Planet Venus, Mars dan Jupiter yang bisa diamati di seluruh Indonesia dengan mata telanjang.

Keempat objek Tata Surya ini akan berkedudukan persis seperti pada gambar di atas, yang kami ambil dari tangkapan layar aplikasi Stellarium. Jupiter akan berada di atas Bulan, terpisah sekitar 1°. Sementara itu Planet Mars akan berada di bawah Bulan, dan akan terpisah 1,43°, sedangkan Venus akan terpisah 1,10° dari Bulan Sabit.

Ini bukanlah peristiwa langit yang berbahaya, bukan juga awal dari isu Bumi yang katanya akan gelap gulita. Peristiwa langit yang satu ini aman dan tidak berdampak negatif bagi Bumi. Walaupun dari langit Bumi keempat objek ini terlihat dekat, pada kenyataannya, di bidang Tata Surya, semuanya berjauh-jauhan. Lihat grafik di bawah ini.

Letak planet-planet di bidang Tata Surya pada 7 November 2015 pukul 4:30 AM. Kredit: The Planets Today
Planet Venus, Mars dan Jupiter yang akan Anda lihat di langit Timur pada Sabtu (7/11) dinihari nanti tidak akan nampak besar, alias tidak akan nampak sesuai ukuran asli mereka. Alih-alih terlihat besar, mereka hanya akan nampak bagai objek terang bagai bintang namun cahayanya konstan (tidak berkelap-kelip).

Lain cerita jika Anda memiliki teleskop, Anda dapat dengan mudah melihat terangnya Venus lebih dekat, merahnya Planet Mars hingga megahnya Jupiter beserta empat satelit alami besarnya (Io, Europa, Ganymede, Calisto). Tapi, kenapa planet-planet ini bisa dilihat? Bukankah mereka tidak memancarkan cahaya layaknya Matahari?

Betul, planet-planet Tata Surya memang tidak memancarkan cahaya Matahari. Tapi mari kita ubah pertanyaannya; kenapa Bulan bisa terlihat padahal ia juga tidak memancarkan cahaya Matahari? Jawabannya, sebab Bulan memantulkan cahaya yang ia terima ke segala arah, termasuk ke mata kamu. Begitu pun dengan planet-planet Tata Surya.

Mulai dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter hingga Saturnus dapat terlihat di langit Bumi, ini dikarenakan mereka memantulkan kembali cahaya yang mereka terima dari Matahari kita. Sementara itu, Uranus, Neptunus, Pluto dan seluruh objek di Sabuk Kuiper juga memantulkan cahaya, namun karena jaraknya yang jauh dari Matahari (dan Bumi), membuat mereka terlalu redup untuk terlihat di langit Bumi.

Sudah siap untuk mengamati tiga planet dan Bulan Sabit ini? Bangunlah lebih pagi!