Tim Peneliti Robot Curiosity Konfirmasi Keberadaan Danau pada Masa Lalu di Mars

Wilayah bernama "Kimberley", bekas danau berair asin di Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sebuah studi baru dari tim peneliti robot penjelajah Curiosity di NASA Mars Science Laboratory telah mengkonfirmasi bahwa Mars dulunya, miliaran tahun yang lalu, memiliki danau berair asin dalam jangka waktu yang lama.

Menggunakan data dari robot Curiosity, tim peneliti telah menentukan bahwa air di Mars dulunya membantu membentuk sedimen batuan di Kawah Gale, di mana Curiosity mendarat lebih dari tiga tahun yang lalu. Sedimen diendapkan sebagai lapisan yang membentuk dasar untuk Gunung Sharp, gunung yang berada di tengah-tengah kawah.

"Pengamatan dari Curiosity menunjukkan bahwa serangkaian bekas aliran air dan danau terdapat di beberapa titik di Mars dan diperkirakan terbentuk sekitar 3,3 sampai 3,8 miliar tahun yang lalu," kata Ashwin Vasavada, ilmuwan Mars Science Laboratory di NASA Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California.

Konfirmasi ini untuk menegaskan bahwa benar-benar pernah ada danau pada masa lalu di Mars, dan menambah pengetahuan bahwa Mars bukan planet kering, melainkan planet basa, baik pada zaman dulu dan sekarang. September lalu, para ilmuwan NASA mengkonfirmasi adanya aliran air di Mars.

"Keberadaan air di Mars terus-menerus kami uji kebenarannya," kata Michael Meyer, ilmuwan untuk Mars Exploration Program di markas NASA di Washington. "Sudah jelas bahwa Mars miliaran tahun yang lalu lebih mirip Bumi daripada Mars saat ini. Tantangan kita adalah untuk mencari tahu bagaimana Mars dulu sejuk, bahkan lebih, dan apa yang terjadi dengan Mars yang basah."

Sebelum Curiosity mendarat di Mars pada tahun 2012, para ilmuwan mengusulkan bahwa Kawah Gale telah diisi dengan lapisan sedimen. Beberapa hipotesis yang “kering,” menunjukkan bahwa sedimen ini merupakan akumulasi dari debu yang tertiup angin dan pasir. Hal lainnya difokuskan pada kemungkinan lapisan sedimen yang diendapkan di danau kuno.

Para ilmuwan memelajari bahwa Mars memiliki semua material yang dianggap penting untuk kehidupan. Namun persisnya bagaimana Mars bisa mendukung air permukaan bertahan lama masih menjadi misteri.

Miliaran tahun lalu, planet itu kehilangan medan magnet globalnya, yang memungkinkan radiasi Matahari dan kosmik secara bertahap menghilangkan perlindungan atmosfernya. Dengan kondisi seperti itu, air cair cepat menguap.
Tim Peneliti Robot Curiosity Konfirmasi Keberadaan Danau pada Masa Lalu di Mars Tim Peneliti Robot Curiosity Konfirmasi Keberadaan Danau pada Masa Lalu di Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/15/2015 08:34:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.