Teori Baru: Kita Belum Temukan Kehidupan Luar Bumi Karena Mereka Belum Tercipta

Ilustrasi. Kredit: Shutterstock
Info Astronomy - Menurut sebuah teori baru, ketika sistem Tata Surya kita tercipta 4,6 miliar tahun lalu, hanya 8% dari planet berpotensi dihuni makhluk luar Bumi muncul di alam semesta. Dan, masih menurut teori ini, sebagian besar (sekitar 92%) planet-planet ekstrasurya belum tercipta.

Kesimpulan ini didasarkan pada penilaian dari data yang dikumpulkan oleh Teleskop Antariksa Hubble milik NASA dan katalog planet dari Teleskop Antariksa Kepler. Studi untuk teori ini sudah diterbitkan pada Monthly Notices of the Royal Astronomical Society pada 20 Oktober 2015.

Penulis utama studi, Peter Behroozi dari Space Telescope Science Institute (STScI) mengatakan, "Dibandingkan dengan planet-planet yang telah terbentuk di alam semesta, Bumi merupakan planet-planet pertama yang terbentuk lebih dulu."

Data dari Teleskop Antariksa Kepler menunjukkan bahwa pembentukan bintang di alam semesta berada pada tingkat yang cepat 10 miliar tahun yang lalu, namun fraksi hidrogen dan gas helium di alam semesta membuat tingkat pembentukan bintang menurun.

Saat ini, 13,8 miliar tahun setelah Big Bang, pembentukan bintang yang terjadi di alam semesta telah berada pada tingkat yang jauh lebih lambat, tapi ada begitu banyak gas yang tersisa untuk alam semesta membentuk bintang dan planet-planet baru.

Sementara itu, survei dari Teleskop Antariksa Kepler menunjukkan bahwa planet seukuran Bumi di zona laik huni (zona di mana planet mampu menjaga air dalam bentuk cair di permukaannya) dari bintang induknya ternyata sangat banyak di galaksi kita, Bima Sakti.

Masih berdasarkan survei Kepler, para ilmuwan NASA memperkirakan ada kurang lebih 1 miliar planet luar surya seukuran Bumi di galaksi Bima Sakti saat ini, sebagian besar dari planet-planet tersebut juga diduga planet batuan.

Sebuah keuntungan besar bagi peradaban kita karena muncul di awal evolusi alam semesta dan kita juga mampu menggunakan teleskop yang kuat seperti Hubble serta Kepler untuk melacak garis keturunan peradaban di alam semesta melalui evolusi awal galaksi.

Kesimpulannya, menurut teori baru ini, kita belum menemukan 'orang lain' di alam semesta karena mereka belum lahir, atau bahkan bintang induk dan planet mereka belum tercipta karena pembentukan bintang yang melambat.
Teori Baru: Kita Belum Temukan Kehidupan Luar Bumi Karena Mereka Belum Tercipta Teori Baru: Kita Belum Temukan Kehidupan Luar Bumi Karena Mereka Belum Tercipta Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/22/2015 11:36:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.