Selamat Ulang Tahun, NASA!

57 tahun yang lalu, National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau Lembaga Antariksa AS beroperasi. Hingga saat ini, NASA menjadi satu-satunya lembaga antariksa di dunia yang paling berambisi memenangkan space race.
NASA. Kredit: Upicme
Info Astronomy - 57 tahun yang lalu, National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau Lembaga Antariksa AS beroperasi. Hingga saat ini, NASA menjadi satu-satunya lembaga antariksa di dunia yang paling berambisi memenangkan space race.

NASA sebenarnya telah ada sejak 29 Juli 1958, ketika Presiden AS saat itu Dwight Eisenhower menandatangani Undang-Undang berdirinya NASA (Pub.L. 85-568). Namun, NASA baru resmi beroperasi pada 1 Oktober 1958, kemarin tepat 57 tahun.

Saat ini, beberapa kalangan ekspatriat, seperti CEO Jeff Bezos, telah ikut mendanai program NASA seperti misi mencari artefak NASA. Pada awalnya orang-orang Amerika bekerja untuk Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Hal itu menjadi halangan awal ketika NASA pertama kali didirikan, saat sembilan bulan setelah Uni Soviet meluncurkan satelit pertamanya yang dinamai Sputnik. Hingga saat ini, NASA masih menjadi bagian dari budaya populer di masyarakat internasional dan terus berkembang.

Hal yang cukup menyedot perhatian publik terhadap NASA adalah ketika mereka mengklaim telah mendaratkan manusia pertama di Bulan pada 1969. Selain itu ketika misi pendaratan ke Mars disiarkan secara global melalui live-stream.

''Saya rasa, pencapaian NASA yang paling powerfull adalah penyadaran bahwa kita hanya ada di satu titik biru yang sangat kecil di alam semesta,'' kata Bing Quock, Direktur Planetarium Morrison di Academy of Science, California.

Menurutnya, memberikan perspektif baru dengan menggamblangkan citra Bumi di antariksa telah melahirkan kesadaran universal. Bahwa, dunia ini cukup rapuh dan butuh dilindungi agar kehidupan di dalamnya tetap terjaga.

Selamat ulang tahun, NASA!