Seberapa Lama Perjalanan Menuju Planet Mars?

Setiap dua tahun atau lebih, Mars dan Bumi mencapai titik terdekat mereka, yang disebut "oposisi", ketika Mars berjarak sedekat 55.000.000 km dari Bumi. Dan setiap dua tahun, lembaga-lembaga antariksa memanfaatkan keselarasan orbital tersebut untuk mengirim wahana antariksa ke Planet Merah. Tapi, seberapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke Mars?
Planet Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - Planet Mars adalah salah satu objek paling terang di langit malam, mudah terlihat dengan mata telanjang sebagai bintang merah terang. Setiap dua tahun atau lebih, Mars dan Bumi mencapai titik terdekat mereka, yang disebut "oposisi", ketika Mars berjarak sedekat 55.000.000 km dari Bumi.

Total waktu perjalanan dari Bumi ke Mars adalah antara 150-300 hari, tergantung pada kecepatan peluncuran, penyelarasan Bumi dan Mars, dan panjang perjalanan pesawat yang diperlukan untuk mencapai Mars. Ini benar-benar hanya tergantung pada seberapa banyak bahan bakar yang Anda gunakan. Semakin banyak bahan bakar, waktu tempuh semakin singkat.

Sejarah Perjalanan ke Mars
Wahana antariksa pertama yang melakukan perjalanan dari Bumi ke Mars adalah Mariner 4 milik Lembaga Antariksa AS (NASA) yang diluncurkan pada tanggal 28 November 1964 dan tiba di Mars pada 14 Juli 1965. Total waktu penerbangan Mariner 4 adalah 228 hari.

Misi sukses berikutnya ke Mars adalah Mariner 6, yang diluncurkan pada 25 Februari 1969 dan mencapai planet Mars pada tanggal 31 Juli 1969; waktu penerbangan hanya 156 hari. Setelah itu, masih ada Mariner 7 yang hanya perlu 131 hari untuk melakukan perjalanan. Mariner 9, wahana antariksa pertama yang berhasil masuk ke orbit sekitar Mars, diluncurkan pada 30 Mei 1971 dan tiba pada 13 November 1971, atau sekitar 167 hari.

Telah 50 tahun eksplorasi Mars oleh manusia, kita kini mengetahui waktu tempuh perjalanan menuju planet tetangga ini sekitar 150-300 hari.

Mengapa Begitu Lama?
Ketika Anda mengetahui fakta bahwa Mars hanya berjarak 55 juta km ketika oposisi, dan Anda punya pesawat luar angkasa berkecepatan lebih dari 20.000 km/jam, Anda akan menempuh perjalanan selama 115 hari.

Hal ini disebabkan karena Bumi dan Mars tidak stuck atau diam saja di bidang Tata Surya. Planet kita dan Mars mengorbit Matahari, Anda tidak dapat langsung meluncur lurus ke Mars. Ketika Anda tiba di Mars, planet tersebut sudah pindah posisi. Anda perlu menghitung di mana posisi Mars ketika Anda tiba di sana sebelum meluncur.

Kendala lainnya adalah bahan bakar. Jika Anda memiliki jumlah bahan bakar yang tidak terbatas, Anda dapat dengan mudah melakukan perjalanan ke Mars, lalu kembali ke Bumi. Anda bisa mempersingkat waktu perjalanan dengan bahan bakar tak terbatas. Tetapi tentu saja tidak mungkin Anda memiliki bahan bakar tak terbatas.

Bagaimana Perjalanan ke Mars dengan Bahan Bakar Terbatas?
Perhatian utama dari para insinyur penerbangan adalah bagaimana mereka bisa merancang pesawat luar angkasa menuju Mars, namun hanya perlu bahan bakar yang sedikit. Bukan hanya bahan bakar untuk perjalanan, tetapi juga bahan bakar untuk menetap di sana, dan tentu kembali ke Bumi jika memungkinkan.

Insinyur NASA menggunakan metode perjalanan yang disebut Transfer Orbit Hohmann untuk mengirim pesawat luar angkasa dari Bumi ke Mars dengan bahan bakar yang terbatas. Teknik ini pertama kali diusulkan oleh Walter Hohmann yang disusun pada tahun 1925.

Alih-alih meluncurkan pesawat luar angkasa langsung menuju di Mars, Anda akan melakukan manuver dengan mengorbit Bumi sebelum akhirnya mengejar koordinat Mars. Anda nantinya akan memotong orbit Mars, dan tiba di Mars pada saat yang tepat.

Kekurangannya, menggunakan metode Transfer Orbit Hohmann membuat waktu perjalanan Anda menuju Planet Merah menjadi semakin lama, dan mungkin membosankan.

Misi ke Mars di Masa Depan
Meskipun beberapa teknologi yang luar biasa telah diusulkan untuk mempersingkat waktu perjalanan ke Mars, insinyur NASA akan tetap menggunakan metode Transfer Orbit Hohmann.

NASA berencana untuk meluncurkan dan mendaratkan manusia di Mars pada tahun 2030an mendatang. Saat ini, mereka sedang mencoba mengembangkan roket seperti apa yang cocok untuk digunakan manusia pertama yang meluncur ke Mars pada dua dekade mendatang.