Penampakan 2 Matahari di Langit Florida, Benarkah?

Penampakan "Matahari tambahan", bulatan kecil di atas pada gambar. Kredit: YouTube, Mirror.co.uk
Info Astronomy - Baru-baru ini seorang wanita asal Amerika Serikat mengklaim bahwa dia melihat dan berhasil merekam penampakan Matahari kembar saat sedang berlibur di salah satu pantai di Florida. Melissa Huffman, wanita asal Florida itu, mengaku beberapa waktu lalu dia menyaksikan seperti ada planet yang bercahaya layaknya Matahari kedua di langit. Benarkah?

Fenomena dua “Matahari” yang terekam di langit Florida ini pun menjadi viral di dunia maya dan banyak yang menamainya Planet X atau Nibiru. Rekaman itu telah dilihat lebih dari 100 ribu netizen sejak diunggah ke situs bagi-pakai video YouTube pada Senin, 19 Oktober 2015.

Sebenarnya objek macam apa ini?

Jim Kaler, seorang astronom dari University of Illinois mengatakan, "Gambar Matahari ganda adalah efek refraksi optik. Sebuah fatamorgana." Fatamorgana muncul ketika partikel di atmosfer membiaskan, atau menekuk cahaya. Ini biasanya terjadi di dekat cakrawala, di mana udara lebih tebal, dan fatamorgana biasanya berada di atas atau di bawah sumber asli cahaya (dalam hal ini Matahari).

Planet Nibiru? Maaf, Tidak Ada (di Langit)!
Fenomena yang ternyata hanya fatamorgana ini dikait-kaitkan dengan Planet X atau Planet Nibiru. Planet Nibiru diklaim benar-benar ada. Permukaannya sangat gelap, sama gelapnya dengan aspal atau batubara, sehingga dinyatakan tak bisa dilihat mata manusia tanpa alat bantu. (Lalu kenapa terlihat dalam fenomena fatamorgana yang satu ini?)

Planet Nibiru diklaim sudah teramati melalui teleskop, namun seiring hegemoni AS dan konco-konconya dalam dunia perteleskopan maka data-data hasil pengamatan Nibiru dinyatakan sebagai data rahasia dan disembunyikan dari hadapan publik. Benarkah demikian?

Secara astronomis ada-tidaknya planet Nibiru bisa diaproksimasi melalui hukum Kepler 3 dan hukum gravitasi Newton untuk meramalkan profil orbitnya sekaligus sebagian karakteristik fisisnya melalui serangkaian asumsi. Dengan jalan demikian maka posisinya di langit dan kecemerlangannya (tingkat terangnya) dari waktu ke waktu dapat diprediksi hingga batas ketelitian tertentu.

Sayangnya, planet Nibiru memang benar-benar tidak ada di langit, walaupun sudah dianalisis dengan hukum Kepler 3 dan hukum gravitasi Newton. Planet Nibiru hanyalah mewujud dalam angan-angan (sebagian) manusia semata, namun tidak ada dalam kenyataan sesungguhnya.

Simak analisis ada atau tidaknya Planet Nibiru di LangitSelatan.com, klik di sini.

Kesimpulannya, kembaran Matahari yang terlihat di langit Florida, AS hanyalah hasil dari refraksi optik belaka, dan tidak ada sangkut pautnya dengan Planet Nibiru yang bahkan tidak ada di langit. Memang perlu diakui, sekarang ini banyak orang yang berspekulasi aneh-aneh mengharap bencana datang.
Penampakan 2 Matahari di Langit Florida, Benarkah? Penampakan 2 Matahari di Langit Florida, Benarkah? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/29/2015 04:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.