NASA Akan Daratkan Wahana Antariksa ke Europa, Satelit Alami Jupiter

Europa, salah satu satelit alami milik Jupiter. Kredit: NASA
Info Astronomy - Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan bersiap untuk mendaratkan wahana antariksa teranyar mereka ke salah satu satelit alami milik Planet Jupiter yang bernama Europa. Nantinya, wahana antariksa ini akan didaratkan pada permukaan yang menyimpan lautan air di bawahnya.

Permukaan Europa didominasi oleh permukaan yang retak, pegunungan dan tanda-tanda lain dari aktivitas geologinya. NASA bahkan telah mempelajari Europa dan menyatakan adanya lautan global yang terkubur 100 kilometer di bawah permukaan esnya.

Kelompok ilmuwan yang dipimpin oleh mahasiswa pascasarjana di California Technology, Patrick Fischer, juga telah mempelajari komposisi kimia dari 1.600 lokasi di permukaan Europa dengan menganalisis data pengamatan Europa pada tahun 2011 dengan menggunakan spektrograf di Observatorium Keck di Hawaii.

Penelitian tersebut mengungkapkan tiga kategori dasar dari material permukaan Europa seperti air es yang mendominasi seluruh permukaannya, unsur kimia seperti sulfur dan oksigen yang bereaksi dengan es, serta satu set senyawa yang belum teridentifikasi.

Sementara itu, data yang dikumpulkan oleh wahana antariksa Galileo milik NASA, yang mengorbit Jupiter pada 1990-an hingga awal 2000-an, telah mengungkapkan adanya senyawa misterius yang menyebabkan permuaakan Europa menjadi tidak rata alias bergelombang.

Nantinya, wahana antariksa teranyar yang akan didaratkan ke Europa akan meneliti senyawa misterius tersebut. Selain itu, wahana antariksa tersebut nantinya juga akan menjalankan misi untuk mendeteksi kehidupan di sana.

Misi ini diperkirakan menghabiskan dana sebesar US$ 2 miliar dan akan dilaksanakan mulai awal tahun 2020.
NASA Akan Daratkan Wahana Antariksa ke Europa, Satelit Alami Jupiter NASA Akan Daratkan Wahana Antariksa ke Europa, Satelit Alami Jupiter Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/31/2015 03:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.