LAPAN Akan Bangun Observatorium Nasional di Kupang

Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berencana untuk membangun sebuah Observatorium Nasional di Kupang, Nusa Tenggara Timur, tahun depan. "Rencananya (observatorium akan dibangun) pada tahun 2016, ketika semua perizinan selesai," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaludin setelah menandatangani perjanjian dengan para mitra pada Rabu, 7 Oktober di Jakarta.

Thomas menjelaskan bahwa pemerintah daerah telah memberikan izin untuk pembangunan observatorium dan LAPAN sedang menunggu izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. "Observatorium ini akan dibangun di kawasan hutan lindung, tapi tidak akan banyak pohon yang ditebang. Pengembangan nantinya berencana untuk menanam pohon di sekitar observatorium," tutur Thomas, seperti dilansir dari Tempo.co.

LAPAN berencana membangun observatorium nasional di Kupang karena observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat, tidak lagi ideal karena pertumbuhan penduduk di sekitarnya. Berdasarkan survei bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), LAPAN memilih Kupang karena berada pada koordinat hari terpanjang di Indonesia dan terletak relatif jauh dari pemukiman sehingga minim polusi cahaya.

Observatorium Nasional Kupang ini akan dibangun di Gunung Timau, desa Fatumonas, Amfoang, Kupang. Pembangunannya diperkirakan menelan biaya Rp 300 miliar dari APBN. Observatorium ditargetkan selesai pada 2019. LAPAN akan mengoperasikan dan mengembangkan observatorium ini sebagai pusat ilmu pengetahuan, dan tentunya terbuka untuk umum.

Sementara itu, Observatorium Bosscha akan tetap beroperasi sebagai penelitian dan pendidikan astronomi.
LAPAN Akan Bangun Observatorium Nasional di Kupang LAPAN Akan Bangun Observatorium Nasional di Kupang Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/08/2015 06:26:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.