Sabtu Dinihari, Lihat Bulan Sabit Berdekatan dengan Planet Venus, Mars dan Jupiter

Letak Bulan Sabit, Venus, Mars dan Jupiter pada 10/10. Klik gambar untuk memperbesar.
Info Astronomy - Peristiwa konjungsi atau sebuah fenomena di mana kedudukan dua atau lebih objek langit saling berdekatan akan terjadi pada Sabtu (10/10) dinihari. Kali ini, kita berkesempatan melihat Bulan Sabit yang berada di dekat Venus, Mars dan Jupiter, persis seperti pada ilustrasi di atas.

Untuk mengamati peristiwa langit ini, bangunlah sekitar pukul 4:30 dinihari waktu setempat daerah Anda. Carilah arah langit Timur dan temukan Bulan Sabit tipis yang menggantung di sana. Bulan Sabit akan terlihat di temani oleh bintang-bintang terang.

Yup, kenampakan Planet Venus, Mars dan Jupiter hanya akan bagai bintang terang saja. Bedanya, kenampakan mereka tidak akan berkelap-kelip seperti bintang pada umumnya. Ketiga planet ini hanya terlihat bagai bintang karena jarak masing-masingnya sangat jauuuuuuuuuuuuuh dari Bumi.

Jika Anda kesulitan mengidentifikasi mana Venus, Mars dan Jupiter. Cocokan saja gambar ilustrasi di atas dengan langit Timur daerah ada pada 10 Oktober 2015 pukul 4:30 dinihari. Venus akan nampak bagai bintang paliiiiiiiiiing terang di antara bintang (dan planet) lainnya di langit Timur saat itu.

Sementara itu, Planet Mars akan nampak sedikit pudar dengan cahaya kemerahan yang khas. Sedangkan Planet Jupiter akan terlihat lumayan terang di sebelah Utara Bulan Sabit dengan cahaya kuning keemasannya. Dan tentu, peristiwa ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia.

Selain dapat disaksikan di seluruh Indonesia, pengamatan juga bisa dilakukan dengan mata telanjang. Tapi jika Anda memiliki teleskop, tidak ada salahnya untuk digunakan supaya bisa melihat keempat objek Tata Surya ini lebih dekat dan jelas.

Oh iya, tidak akan ada dampak negatif dari terjadinya peristiwa konjungsi ini. Keempat objek Tata Surya ini tidak akan benar-benar berada bersebelahan. Jarak antar objek yang berkonjungsi ini amat sangat jauh, hanya kedudukannya di langit saja yang membuatnya seolah bersebelahan.

Jadi, sudah siap untuk observasi? Jangan lupa sebarkan ke kawan-kawan untuk melakukan observasi bersama!