Citra Pluto & Charon dalam Mosaik 'Pluto Time' Dirilis NASA

Mosaik dari ribuan foto 'Pluto Time'. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Sejak kampanye Pluto Time diumumkan pada bulan Juni 2015, NASA berhasil mendapatkan lebih dari 339.000 kunjungan ke situs web Pluto Time dan menerima kurang lebih 7.000 kiriman foto 'selfie Pluto Time' dari seluruh dunia.

Dalam situs webnya, NASA menyebutkan negara-negara yang mengirim 'selfie Pluto Time' adalah Amerika Serikat, Italia, Selandia Baru, Belanda, Kanada, Brasil, Qatar, Prancis , Australia, Rumania, India, Kolombia, Venezuela, Mesir, Yunani, Rusia, Irlandia, Skotlandia, Meksiko, Inggris, Malaysia, Uruguay dan Spanyol.

Ribuan 'selfie Pluto Time' yang diterima NASA kini telah dirakit menjadi tiga mosaik yang menakjubkan dari Pluto, Charon, dan citra gabungan dari keduanya. Mosaik tidak hanya hasil gabungan dari selfie dengan langit mendung di Bumi, melainkan juga ada lokasi-lokasi terkenal atau bersejarah, dan bahkan hewan peliharaan keluarga.

Pluto dalam mosaik 'Pluto Time'. Kredit: NASA, JPL
Ide kampanye Pluto Time berasal dari pertanyaan yang sering diajukan ilmuwan New Horizons: bagaimana Anda bisa mengambil gambar seperti berada di Pluto, yang berada begitu jauh dari Matahari?

Pluto yang berjarak 5,9 miliar kilometer dari Matahari membuat suasana di permukaannya begitu redup seperti saat senja di Bumi. Kampanye Pluto Time adalah sebuah kampanye memotret langit senja (atau langit mendung) seperti keadaan dari permukaan Pluto yang sebenarnya.

Tim Solar System Exploration Public Engagement di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Pasadena, California menggunakan sekitar 1.500 hingga 2.100 gambar Pluto Time untuk setiap citra. Gambar hasil kiriman warga dunia kadang-kadang diulang untuk mengisi warna dan memberikan bentuk yang tepat dari Pluto dan Charon.

Charon dalam mosaik 'Pluto Time'. Kredit: NASA, JPL
NASA mendedikasikan citra mosaik Pluto ini untuk Clyde Tombaugh, orang Amerika yang menemukan Pluto untuk pertama kalinya pada tahun 1930. Jika Anda memperbesar citra mosaik Pluto, Anda dapat melihat foto Tombaugh pada wilayah berbentuk hati di Pluto yang dinamakan Tombaugh Regio.

"Ini menyenangkan melihat respon global untuk Pluto Time, yang memungkinkan kita untuk membayangkan bagaimana rasanya berada di Pluto," kata Jim Green, direktur dari ilmu keplanetan NASA. "Ini adalah contoh yang indah tentang bagaimana eksplorasi dan ilmu antariksa mempersatukan kita dengan ikatan bersama."

Anda dapat melihat citra mosaik Pluto dalam ukuran besar yang dapat diperbesar pada tautan ini, dan citra mosaik Charon pada tautan ini.
Citra Pluto & Charon dalam Mosaik 'Pluto Time' Dirilis NASA Citra Pluto & Charon dalam Mosaik 'Pluto Time' Dirilis NASA Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/21/2015 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.