Bagaimana Cara Robot Curiosity Melakukan Selfie di Planet Mars?

Robot Curiosity selfie di Mars. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Setiap kali robot Curiosity mengambil foto selfie di Mars, kita kadang bertanya hal yang sama: "Siapa yang memotretnya?" atau "Mengapa tidak ada lengan robot atau kamera yang terlihat dalam foto selfie ini?" Dalam semua selfie Curiosity, tiang kamera tidak pernah terlihat, kenapa ya?

Jawabannya sederhana dan cukup logis. Ketika Anda mengambil foto selfie diri Anda, apakah tangan Anda muncul dalam fotonya? Tidak, karena saat itu tangan Anda ada di belakang kamera. Hal yang sama berlaku dengan lengan Curiosity. Lengannya ada di belakang kamera, sehingga tidak muncul dalam foto selfienya (seperti pada foto di atas).

Namun selfie-nya Curiosity tidak semudah selfie-nya kita di Bumi. Foto selfie Curiosity di atas sepintas terlihat seperti ia hanya mengambil satu gambar tunggal menggunakan kamera wide-angle. Tapi sebenarnya tidak demikian, foto selfie Curiosity merupakan serangkaian beberapa gambar yang disatukan sedemikian rupa.

Foto selfie di atas terbuat dari penggabungan puluhan foto yang dipotret sendiri dengan Mars Hand Lens Imager (MAHLI), sebuah kamera di ujung lengan robot penjelajah Planet Merah tersebut. Curiosity dapat menggerakan lengan robotnya ke segala arah untuk mengambil gambar dari setiap sudut. Puluhan foto selfie "mentah" tadi dikirim ke Bumi dan disatukan oleh kontrol misi di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA.

Berikut ini adalah video dari akun Instagram resmi JPL tentang ilustrasi bagaimana robot Curiosity mengumpulkan puluhan gambar untuk satu foto selfie:


Universe Today
Bagaimana Cara Robot Curiosity Melakukan Selfie di Planet Mars? Bagaimana Cara Robot Curiosity Melakukan Selfie di Planet Mars? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/17/2015 08:19:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.