Ayo Observasi Superkonjungsi Planet Venus, Mars dan Jupiter

Letak Venus, Mars dan Jupiter pada 28 Oktober 2015. Kredit: Stellarium, Info Astronomy. Klik gambar untuk memperbesar.
Info Astronomy - Jika Anda rajin bangun pagi, sempatkan untuk melihat ke langit arah Timur dekat rasi bintang Leo dan Big Dipper. Di sana Anda dapat melihat peristiwa langit yang cukup langka, tiga planet Tata Surya --Venus, Mars dan Jupiter-- akan sangat dekat satu sama lain, yang dikenal dengan istilah konjungsi. Ini adalah pertemuan terdekat mereka sampai dengan 10 Januari 2021.

Karena konjungsi ini begitu dekat, maka kami menyebutnya superkonjungsi. Anda akan melihat Venus, Mars dan Jupiter berdekatan di langit dan bersinar bersama-sama membentuk formasi segitiga di langit fajar di seluruh dunia.

Oh iya, jangan berharap Anda dapat melihat ketiga planet ini dalam ukuran yang sebenarnya. Faktanya, mereka terlalu jauh dari Bumi dan hanya akan nampak bagai bintang atau titik bercahaya. Venus akan lebih terang dari Jupiter, sementara Mars akan terlihat jauh lebih redup dan lebih merah dibandingkan dengan dua lainnya, namun masih akan terlihat.

Saat terbaik untuk mengamati superkonjungsi ini adalah pada tanggal 28 Oktober 2015. Pada tanggal ini, segitiga planet ini akan sangat rapat dan benar-benar dekat, persis seperti pada foto peta langit di atas.

Jika Anda memiliki teleskop, Anda dapat melihat ketiganya dalam satu pandangan teleskop. Mereka bertiga hanya akan terpisah 5 derajat satu sama lain,. Bahkan Anda bahkan mungkin dapat juga melihat empat satelit alami terbesar milik Jupiter, yakni Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Mereka memang akan terlihat berdekatan di langit, namun sebenarnya jarak antarplanet ini amat sangat jauh satu sama lain. Pada kenyataannya, Venus berjarak 0,69 SA dari Bumi (1 SA, Satuan Astronomi, setara 150 juta km), sementara Mars 2,2 SA  dan Jupiter 6 SA.

Pada bulan November, superkonjungsi segitiga ini akan mulai menjauh. Jadi pastikan Anda menikmati pemandangan langit yang langka ini sebelum November tiba. Selamat observasi!
Ayo Observasi Superkonjungsi Planet Venus, Mars dan Jupiter Ayo Observasi Superkonjungsi Planet Venus, Mars dan Jupiter Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/27/2015 01:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.