5 Planet Tata Surya Ini Bakal Muncul di Langit Sepanjang Oktober 2015

Jupiter dan Venus di langit Swedia. Kredit: Goran Strand
Info Astronomy - Merkurius, Venus, Mars, Jupiter hingga Saturnus bakal muncul dan terlihat di langit malam sepanjang Oktober 2015. Penasaran kapan Anda dapat mengamati kelimanya? Simak ulasan di bawah ini.

Merkurius akan muncul pada dinihari. Merkurius adalah planet paling dekat dengan Matahari di Tata Surya kita. Dengan begitu, ia selalu berada dekat kedudukannya dengan Matahari di langit. Planet ini telah 'migrasi' dari langit senja ke langit dinihari pada tanggal 30 September 2015. Merkurius akan lebih mudah untuk ditemukan ketika berapa pada titik elongasi terbesarnya dari Matahari pada 16 Oktober 2015.

Pada pertengahan Oktober, Merkurius akan terbit di langit Timur sekitar 90 menit sebelum Matahari terbit. Carilah Merkurius yang muncul bagai titik putih tak berkelap-kelip di arah Timur saat fajar. Memang agak sedikit sulit mengamati planet yang satu ini, penggunaan telekop atau binokuler mungkin akan lebih membantu.

Venus muncul bak bintang Timur paling terang. Jika ditanya planet apa yang paling mudah untuk ditemukan dan diobservasi, jawabannya adalah Planet Venus. Venus merupakan objek langit paling terang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan. Jika Anda pernah melihat titik paling terang di langit Timur saat Subuh, itulah Venus.

Venus akan berada di dekat Planet Mars dan Jupiter di langit Timur saat sebelum Matahar terbit. Pada 7, 8 dan 9 Oktober, Bulan Sabit juga akan berada di dekat Venus (bersama Mars dan Jupiter pula). Planet kedua di Tata Surya ini akan terlihat di langit Subuh sepanjang Oktober 2015.

Mars muncul di antara Venus dan Jupiter sebelum Matahari terbit. Mars cukup terang, walaupun tidak lebih terang dari cahaya Venus maupun Jupiter. Meski begitu, Mars akan mudah terlihat di langit dinihari. Cukup menarik dan garis imajiner dari Venus ke Jupiter untuk menemukan Mars, planet merah ini akan muncul bagai titik tak berkelip dengan cahaya merah.

Oh iya, Mars tidak akan muncul sebesar Bulan Purnama. Jaraknya yang sangat jauh dari Bumi menyebabkan ia hanya akan muncul bagai bintang saja. Jadi, tak perlu kaget jika Anda tidak menemukan Mars sebesar Bulan.

Jupiter paling terang kedua di langit. Menatap langit Timur sebelum Matahari terbit, Anda akan menemukan Jupiter bersama-sama Venus dan Mars. Planet gas terbesar di Tata Surya ini nampak jauh lebih terang dari Mars, tapi tidak lebih terang dari Venus.

Jika Anda memiliki binokuler atau teleskop, Anda akan cukup mudah untuk melihat Jupiter bersama empat satelit alami terbesarnya, yang terlihat seperti titik-titik cahaya di sekitar planet gas tersebut. Keempat satelit alami itu adalah Io, Europa, Ganymede dan Callisto.

Saturnus muncul sendirian di langit malam. Jika Merkurius, Venus, Mars dan Jupiter akan berkumpul bersama-sama di langit Timur saat Subuh, sepanjang Oktober 2015 Planet Saturnus akan muncul sendirian di langit malam.

Di Indonesia, Saturnus akan muncul di langit Barat sekitar satu jam setelah Matahari terbenam. Planet cincin ini hanya akan terlihat bagai bintang putih kekuningan yang tak berkelip tanpa cincin jika Anda mengamatinya dengan mata telanjang alias tanpa alat bantu seperti teleskop.

Mengapa kita bisa melihat planet-planet Tata Surya? Pertanyaan ini sering terlontar, para penanya berpikir kita tidak bisa melihat planet-planet Tata Surya karena mereka tidak memancarkan cahaya. Namun mereka lupa: planet-planet Tata Surya disinari Matahari, seperti halnya Bumi dan Bulan.

Bulan bahkan juga tidak memancarkan cahaya sendiri, cahayanya berasal dari pantulan cahaya Matahari yang menyinarinya. Mekanisme yang sama berlaku untuk kelima planet di Tata Surya kita. Mereka terlihat karena mereka memantulkan cahaya Matahari yang diterimanya.

Lalu kenapa Uranus, Neptunus atau Pluto tidak terlihat? Hal ini disebabkan jarak mereka terlalu jauuuuuuuuuuuuh dari Bumi maupun dari Matahari. Ketiganya terlalu redup diamati dengan atau tanpa teleskop. Maka dari itu hanya Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus saja yang bisa kita amati.

Jadi, sudah siap untuk berburu planet? Selamat mengamati!