'Tsunami' Data dan Foto-foto Pluto Segera Tiba di Bumi

Citra gabungan dari Pluto dan tiga satelit alaminya. Kredit: NASA, JPL-Caltect, SwRI
Info Astronomy - Bersiaplah untuk 'tsunami' data. Puluhan gigabit data yang dikumpulkan dan disimpan pada perekam digital wahana antariksa New Horizons telah dikirim kembali ke Bumi dan akan tiba pada pekan ini. FYI, New Horizons adalah wahana antariksa pertama yang berhasil lintas dekat planet katai Pluto pada 14 Juli 2015.

Kontrol misi New Horizons di Bumi telah melakukan unduhan data raksasa dari New Horizons ini pada 5 September 2015. Data-data tersebut berisi beberapa gambar terbaik dari terbang lintas dekat Pluto. Tim kontrol misi memperkirakan perlu satu tahun penuh untuk mengunduh semua gambar dan data New Horizons ke Bumi.

"Gambar-gambar, spektrum dan tipe data lain yang akan membantu kita memahami asal-usul dan evolusi sistem Pluto untuk pertama kalinya akan tiba di Bumi," kata kepala misi New Horizons Alan Stern. "Setelah unduhan raksasa ini sampai di Bumi, masi tersisa 95% dari data yang masih di New Horizons. Ini adalah harta karun."

Antena komunikasi Bumi Deep Space Network (DSN) dengan New Horizons. Dari kiri atas: Madrid, Spanyol; Goldstone, AS; Canberra, Australia. Kredit: NASA
Lamanya waktu unduhan data dari New Horizons ke antena komunikasi di Bumi dikarenakan jarak New Horizons begitu jauh. Walaupun data unduhan bergerak pada kecepatan cahaya, sebuah data membutuhkan waktu lebih dari 4,5 jam untuk sampai di Bumi.

Tapi masalah yang lebih besar adalah, lambatnya "koneksi internet" di Bumi. Jarak yang luar biasa jaruh dari New Horizons juga membuat sinyal melemah, ditambah kecepatan transmisi data yang rendah. Kecepatan downlink New Horizons adalah sekitar 1-2 KB per detik, tergantung pada sebesar apa data yang dikirim dan bagaimana antera Deep Space Network (DSN) menerimanya. Bandingkan dengan kecepatan DSL Internet 128 KB sampai 6 MB per detik pada komputer di rumah Anda.

Semua foto dan data Pluto telah disimpan pada instrumen khusus di badan New Horizons, total ada 8 GB ruang memori di New Horizons yang mirip dengan kartu memori flash kamera digital. Setelah nantinya berhasil diunduh, informasi terunduh tersebut akan "dibongkar", data yang tidak bagus akan dihapus dan kemudian bit mentah akan diarsipkan ke dalam sebuah file.

Setiap paket data harus diterjemahkan dan disatukan untuk membuat setiap gambar, pekerjaan ini dilakukan di Science Operations Center di Southwest Research Institute di Boulder, Colorado. Itu sebabnya butuh waktu bagi gambar yang diambil New Horizons saat lintas dekat Pluto dirilis secara online.

Tim kontrol misi akan mengunggah data dan gambar hasil terjemahan pada akun Twitter atau Facebook resmi New Horizons. Gambar-gambar high-definition juga akan muncul pada website Pluto's Photojournal NASA.
'Tsunami' Data dan Foto-foto Pluto Segera Tiba di Bumi 'Tsunami' Data dan Foto-foto Pluto Segera Tiba di Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/08/2015 08:54:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.