Robot Curiotisy Temukan Sendok Melayang di Permukaan Planet Mars

Struktur seperti sendok yang melayang di permukaan Mars. Kredit: NASA, JPL-Caltech
Info Astronomy - Struktur tikus, iguana, sosok wanita hingga piramida telah ditemukan di permukaan Planet Mars sejauh ini. Dan sekarang yang terbaru adalah... sendok melayang.

Kasus pareidolia terbaru di Mars kembali muncul.

Struktur sendok melayang itu pertama kali ditemukan oleh anggota "bermata elang" dari forum UnmannedSpaceflight.com dari citra yang dipotret oleh Robot Penjelajah Curiosity pada 30 Agustus 2015, yang berada di permukaan planet Mars.

Mereka yang percaya ada peradaban kuno atau peradaban maju di Mars menggunakan struktur sendok melayang ini sebagai bukti adanya peradaban tersebut. Namun, struktur batuan aneh tersebut hanya pareidolia, yakni suatu fenomena psikologis yang menyebabkan pikiran memikirkan sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, pria di Bulan atau kelinci Bulan, dan pendengaran pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik.

Apa yang menakjubkan tentang "sendok" ini adalah ia tampak hampir tidak tertambat ke tanah. Sulit untuk membayangkan fitur serupa di Bumi. Dengan ujung sendok yang berat dan pegangan kecil, sesuatu seperti itu pasti akan menyebabkannya jatuh.

Tapi sebenarnya "sendok" Mars ini hanya tonjolan yang keluar dari batuan Mars yang mungkin disebabkan oleh erosi angin. Menurut Discovery, atmosfer tipis Mars, ditambah dengan tarikan gravitasi yang lemah, membuat angin di permukaan Mars dapat membuat struktur batuan yang lebih rumit dan tidak biasa daripada batuan di Bumi.
Robot Curiotisy Temukan Sendok Melayang di Permukaan Planet Mars Robot Curiotisy Temukan Sendok Melayang di Permukaan Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/03/2015 11:56:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.