Mengamati Planet Ekstrasurya Mengorbit Bintang Induknya

Sebuah tim astronom dari University of Toronto, Kanada berhasil mencitrakan planet ekstrasurya yang sedang mengorbit bintang induknya. Serangkaian citra yang diambil antara November 2013 April 2015 menunjukkan planet ekstrasurya β Pic b (Beta Pictoris b) sedang bergerak 1,5 tahun dalam orbit 22 tahunnya.
Planet Ekstrasurya Beta Pictoris b. Kredit: Toronto University
Info Astronomy - Sebuah tim astronom dari University of Toronto, Kanada berhasil mencitrakan planet ekstrasurya yang sedang mengorbit bintang induknya. Serangkaian citra yang diambil antara November 2013  April 2015 menunjukkan planet ekstrasurya β Pic b (Beta Pictoris b) sedang bergerak 1,5 tahun dalam orbit 22 tahunnya.

Pertama kali ditemukan pada tahun 2008, β Pic b adalah planet gas raksasa yang memiliki massa 10-12 kali massa Jupiter, dengan jarak orbit dengan bintang induknya kira-kira sama persis dengan jarak Matahari-Saturnus.

Planet ekstrasurya yang satu ini adalah bagian dari sistem yang dinamis dan kompleks dari bintang β Pictoris yang terletak lebih dari 60 tahun cahaya dari Bumi. Pada sistem bintang ini juga terdapat 'pabrik' komet, yang berupa awan gas serta puing-puing batu antariksa besar.

Maxwell Millar-Blanchaer, calon PhD di Departemen Astronomi dan Astrofisika di University of Toronto, adalah penulis utama dari makalah tentang planet ekstrasurya β Pic b yang diterbitkan pada 16 September 2015 di Astrophysical Journal. Makalah tersebut menjelaskan tentang pengamatan dari sistem β Pictoris yang menggunakan instrumen Gemini Planet Imager (GPI) pada South Gemini Telescope di Chile.

Makalah tersebut juga menjabarkan perbaikan untuk pengukuran orbit planet ekstrasurya serta pengukuran paling akurat dari massa bintang β Pictoris.

Para astronom telah menemukan hampir dua ribu planet ekstrasurya dalam dua dekade terakhir, dan sebagian besar sudah berhasil diidentifikasi dengan instrumen-instrumen pengamatan khusus, seperti teleskop antariksa Kepler maupun teleskop antariksa Hubble.

Penasaran seperti apa pergerakan bintang β Pic b saat mengorbit bintang β Pictoris? Silakan tonton video ini: