Gerhana Bulan Total Muncul 28 September 2015, Tapi Tak Terlihat di Indonesia

Gerhana Bulan Total. Kredit: NASA
Info Astronomy - Kurang dari 24 jam sejak artikel ini ditulis, Gerhana Bulan Total akan terjadi. Sayangnya peristiwa ini tidak akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia, sebab pada saat puncak gerhana seluruh wilayah Indonesia sudah pagi bahkan siang hari, Bulan sudah tidak ada di langit.

Gerhana Bulan Total akan terjadi pada puku 09:12 WIB sampai 10:23 WIB, di mana waktu puncaknya adalah pada 09:52 WIB. Sementara itu, gerhana Bulan sebagian sudah dimulai sejak pukul 08:08 WIB sampai 11:27 WIB..

Sekadar informasi, Gerhana Bulan Total terjadi ketika Bumi lewat di antara Bulan dan Matahari, sehingga mengaburkan cahaya Matahari yang diterima Bulan sehingga alih-alih membuat Bulan hitam legam, saat puncak gerhana justru Bulan akan terlihat merah. Inilah mengapa disebut Blood Moon.

Geometri ketika terjadi Gerhana Bulan Total. Kredit: In-The-Sky.org
Gerhana Bulan bakal terlihat di wilayah manapun di Bumi selama Bulan terlihat di langit, entah itu di cakrawala atau di zenith.

Bagi Anda yang berada di wilayah-wilayah yang dapat mengamati Gerhana Bulan Total 28 September 2015 seperti yang tertera pada peta di bawah ini, Anda dapat melihat Gerhana Bulan Total dengan mata telanjang.
Gerhana Bulan tidak seperti Gerhana Matahari yang dapat merusak mata. Gerhana Bulan sepenuhnya aman untuk dilihat tanpa perlu melihat melalui segala jenis filter.

Peta visibilitas Gerhana Bulan Total 28 September 2015. Kredit: In-The-Sky.org
Jika ingin sabar menunggu, Gerhana Bulan Total akan terjadi lagi pada 31 Januari 2018, dan peristiwa yang satu ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali. Bulan akan memerah darah saat itu, dan akan memukau kita semua di Indonesia seperti Gerhana Bulan Total pada 4 April 2015 yang lalu.

Sementara itu, sambil menunggu, tahun depan tepatnya pada 9 Maret 2016 akan terjadi Gerhana Matahari Total. Gerhana Matahari tersebut melintasi wilayah Indonesia sehingga kita dapat menyaksikan gelapnya Matahari tertutup piringan Bulan di langit siang.

Bersabarlah, semoga kita diberi umur panjang untuk mengamati semua peristiwa langit yang menakjubkan.
Gerhana Bulan Total Muncul 28 September 2015, Tapi Tak Terlihat di Indonesia Gerhana Bulan Total Muncul 28 September 2015, Tapi Tak Terlihat di Indonesia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/27/2015 08:04:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.