Astronot NASA Potret Konjungsi Bulan-Venus dari ISS

Dinihari 10 September 2015, sekitar satu jam sebelum Matahari terbit, Bulan dan Venus memang saling berdekatan jika diamati dari permukaan Bumi. Pemandangan konjungsi Bulan-Venus ini tentu dipotret oleh sebagian besar pengamat langit yang mengamatinya, tidak ketinggalan astronot Scott Kelly.
Bulan (sinar terang besar) dan Venus (sinar terang kecil) dipotret dari ISS di orbit Bumi. Kredit: Scott Kelly
Info Astronomy - Bagi Anda yang bangun dinihari pada hari ini, mungkin Anda sempat melihat objek bagai bintang terang di dekat Bulan Sabit di langit Timur. Objek tersebut bukan bintang, melainkan Planet Venus.

Setelah hilang dalam silau Matahari beberapa yang lalu, visibilitas Venus akhirnya kembali. Planet yang dijuluki Bintang Kejora ini sempat terlihat di langit Barat saat senja pada Ramadhan 1436 H, namun kali ini Venus 'berpindah' ke langit Timur saat dinihari.

Scott Kelly adalah komandan misi Ekpedisi 45 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), ia berhasil mengabadikan konjungsi Bulan-Venus dari dalam satelit terbesar buatan manusia tersebut. Hasil jepretannya diunggah ke akun Twitternya.
Kelly adalah astronot yang berasal dari NASA, Amerika Serikat. Ia sedang menjalankan misi satu tahun penuh di ISS dalam misi penelitian tubuh manusia di luar angkasa dalam jangka waktu yang lama. Kelly akan kembali ke Bumi pada musim panas tahun 2016 mendatang.