Ada Salju di Kutub Selatan Planet Mars

Kutub selatan Mars. Klik gambar untuk memperbesar. Kredit: ESA/DLR/FU Berlin
Info Astronomy - Semalam (10/9), Elon Musk, pendiri pabrikan mobil listrik Tesla dan SpaceX ini ingin mengirim bom nuklir ke Planet Mars. Eits... tunggu dulu. Rencana Musk untuk mengebom Planet Mars bukan karena ia benci dengan potensial kehidupan di planet merah tersebut. Hal ini tak lain karena menurutnya inilah cara terbaik untuk membuat planet yang layak huni untuk manusia.

Tapi itu jelas konyol. Lihatlah bagaimana wilayah cantik yang satu ini di permukaan Planet Mars. Sebuah wilayah bersalju di kutub Selatan Planet Merah. Siapa orang yang tega untuk menghancurkan keindahan ini?

Citra di atas dipotret oleh wahana antariksa Mars Express milik ESA (European Space Agency) saat mengorbit Mars di ketinggian lebih dari 9.600 km dari permukaan planet tetangga Bumi ini. Citra terbaru ini menunjukkan berbagai fitur pada permukaan Mars, meliputi kawah, pegunungan, perbukitan hingga gurun pasir.

Wilayah berwarna putih pada citra di atas merupakan es di kutub Selatan Mars, yang terbentuk dari karbon dioksida cair yang membeku. Dengan meledakan karbon dioksida, Elon Musk berharap es ini akan mencair dan menguap, akhirnya membuat atmosfer Mars menjadi seperti atmosfer Bumi.

Tapi dalam beberapa hal Mars nyatanya sudah seperti Bumi. Di kutub Selatan, para ilmuwan telah berhasil mengobservasi turunnya salju. Tentu, itu adalah salju es kering, bukan salju dari air yang membeku.
Ada Salju di Kutub Selatan Planet Mars Ada Salju di Kutub Selatan Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/11/2015 05:23:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.