Hujan Meteor Piscid Bakal Hiasi Langit Malam September 2015

Hujan Meteor. Kredit: Andrew Ferdinand
Info Astronomy - Setelah hujan meteor Perseid pada 13 Agustus 2015 kemarin, peristiwa hujan meteor selanjutnya adalah hujan meteor Piscid. Bukan hujan meteor major memang, namun cukup sayang untuk dilewatkan.

Hujan meteor Piscid akan mencapai puncak intensitasnya pada tanggal 9 September 2015 mendatang. Beberapa 'bintang jatuh' diprediksi malah akan terlihat setiap malam dari awal September hingga akhir Oktober setiap tahunnya.

Tingkat intensitas maksimum hujan meteor Piscid diperkirakan 10 sampai 15 meteor per jam (ZHR) di langit yang gelap gulita. Kabar baiknya, Bulan akan berusia 26 hari pada saat puncak hujan meteor Piscid sehingga tidak ada gangguan cahaya darinya.

Titik radian atau titik muncul hujan meteor Piscid berada di deklinasi +07° di sekitar rasi bintang Pisces. Pada tengah malam, titik radiannya akan berada sekitar 70° di atas horison Timur Laut daerah Anda. Semua meteor akan tampak muncul dari titik radian ini.

Lokasi terbaik untuk melihat banyak meteor adalah di lokasi yang langitnya bebas polusi, baik itu polusi cahaya maupun polusi udara. Di perkotaan seperti Jakarta, Bandung atau Surabaya masih ada kesempatan untuk mengamatinya, tapi mungkin intensitasnya lebih kecil, mungkin 5-10 meteor per jam.

Tidak dibutuhkan teleskop, teropong atau monekuler untuk mengamati hujan meteor. Anda dapat mengamatinya langsung dengan mata telanjang. Hujan meteor baik diamati mulai tengah malam hingga terbit fajar.

Selamat berburu meteor!
Hujan Meteor Piscid Bakal Hiasi Langit Malam September 2015 Hujan Meteor Piscid Bakal Hiasi Langit Malam September 2015 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/31/2015 12:19:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.