Fisikawan: Kecepatan Warp Bisa Dirancang Tanpa Berbenturan dengan Relativitas Einstein

Dalam makalah berjudul "The Warp drive: Hyper-fast travel within general relativity" yang diterbitkan di Science Journal dan Quantum Gravity, fisikawan Miguel Alcubierre merancang mekanisme untuk menjelajah dari satu titik di semesta ke titik lainnya pada kecepatan yang lebih cepat dari kecepatan cahaya tanpa berbenturan relativitas Einstein.
USS Enterprise saat berada pada warp. Kredit: Star Trek Community
Info Astronomy - Lembaga Antariksa AS (NASA) secara resmi menggagas perancangan kecepatan untuk pesawat antariksa yang lebih cepat dari cahaya. Tunggu, lebih cepat dari cahaya? Apakah bisa?

Tentu saja tidak bisa. Tidak ada yang dapat melakukan perjalanan lebih cepat dari cahaya, kan? Untuk melakukannya, akan melanggar teori relativitas khusus Albert Einstein, yang mengatakan bahwa Anda perlu energi dalam jumlah yang tak terbatas untuk mempercepat partikel dengan massa dalam kecepatan cahaya.

Kita semua telah mendengar teori relativitas khusus ini cukup lama ketika masih di bangku sekolah. Namun, belakangan ini, seorang fisikawan telah membuktikan kalau relativitas khusus berhubungan dengan perjalanan antarbintang.

Dalam makalah berjudul "The Warp drive: Hyper-fast travel within general relativity" yang diterbitkan di Science Journal dan Quantum Gravity, fisikawan Miguel Alcubierre merancang mekanisme untuk menjelajah dari satu titik di semesta ke titik lainnya pada kecepatan yang lebih cepat dari kecepatan cahaya tanpa berbenturan relativitas Einstein.

Ide Alcubierre: membengkokkan ruang-waktu di depan dan di belakang pesawat antariksa, daripada mencoba untuk mendorong pesawat antariksa itu sendiri pada kecepatan hyper-cepat.

Alcubierre menjelaskan bagaimana, dalam kerangka relativitas dan tanpa pengenalan lubang cacing, adalah mungkin untuk memodifikasi ruang-waktu yang memungkinkan pesawat antariksa untuk melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih cepat dari cahaya.

Dengan ekspansi murni ruang-waktu di belakang dan kontraksi berlawanan di depan pesawat antariksa, pesawat ini dapat bergerak cepat, lebih dari kecepatan cahaya. Distorsi yang dihasilkan kemungkinan akan sama persis pada 'warp' dalam fiksi ilmiah.

Dengan menempatkan benda bulat di antara dua wilayah ruang-waktu --satu mengekspansi, dan satu lainnya mengkontraksi-- Alcubierre berteori Anda bisa membuat "warp bubble" yang menggerakan ruang-waktu di sekitar pesawat antariksa, dan dapat kembali ke posisi semula.

Pada intinya, Anda akan memiliki pesawat antariksa yang mampu 'bergerak' lebih cepat dari cahaya tanpa pesawat antariksa itu sendiri harus bergerak pada kecepatan cahaya atau lebih cepat dari cahaya. Menarik?

Ilustrasi. Kredit: Miguel Alcubierre
Alcubierre juga mengatakan bahwa, "Sama seperti yang terjadi dengan lubang cacing," Anda perlu "materi eksotis" (materi dengan "sifat aneh") untuk mendistorsi ruang-waktu dengan jumlah energi yang diperlukan untuk hal itu setara dengan energi massa planet Jupiter.

Menurut fisikawan NASA, Harold White, masalah energi di atas sebenarnya bisa diatasi dengan hanya mengutak-atik geometri warp drive. White, yang berbagi ide terbarunya di 100 Year Starship 2012 Public Symposium, mengatakan bahwa jika Anda menyesuaikan bentuk cincin yang mengelilingi pesawat antariksa, Anda bisa menyalakan warp ala Alcubierre ini.

Percobaan laboratorium, dimana White mengatakan ia berencana untuk mensimulasikan warp ala Alcubierre dalam sebuah miniatur, menggunakan laser untuk mengganggu ruang-waktu. Dan jika berhasil? Kita bisa pergi ke bintang Alpha Centauri dalam waktu singkat.

Alih-alih butuh 4 tahun untuk ke Alpha Centauri dengan kecepatan cahaya, menurut White, warp ala Alcubierre ini akan memungkinkan kita untuk mengunjungi Alpha Centauri dalam hitungan minggu atau bulan.

Riza Miftah Muharram