Cara Menemukan Stasiun Luar Angkasa Internasional di Langit

ISS lintasi langit dalam foto long-exposure. Kredit: Antonin Husek
Info Astronomy - Pernahkah Anda saat sedang mengamati langit, lalu melihat titik terang seperti bintang yang berjalan? Apakah itu meteor? Apakah itu pesawat? Ternyata bukan keduanya, melainkan sebuah satelit terbesar buatan manusia, yaitu Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pada waktu-waktu tertentu, ISS akan terlihat di langit malam daerah Anda. ISS bakal terlihat seperti bintang terang yang bergerak cepat di atas cakrawala. ISS begitu terang, bahkan dapat dilihat dari pusat kota seperti Jakarta sekalipun. Bagaimana cara mengetahui kapan Anda dapat melihat ISS di langit malam daerah Anda?

Program Spot the Station dari NASA memungkinkan Anda untuk mendaftarkan email agar menerima pemberitahuan kapan ISS akan terlihat dari lokasi yang Anda daftarkan. Tidak hanya informasi lewat email, namun program ini juga memungkinkan pemberitahuan lewat pesan teks (sms). Biasanya, pemberitahuan ISS akan dikirim beberapa kali setiap bulan ketika ISS mengorbit langit dekat lokasi Anda.

Pemberitahuan kapan ISS akan melintas hanya akan dikirim ke Anda ketika ISS bakal terlihat jelas dari lokasi Anda dalam durasi yang cukup panjang. Jadi tidak semua momen melintasnya ISS di langit Anda akan dilaporkan NASA lewat pemberitahuan email maupun sms.

Laporan pemberitahuan dari NASA nantinya akan berisi informasi tentang di mana letak munculnya ISS di langit malam daerah Anda, ketinggian kemunculan ISS (diberikan dalam derajat), serta durasi kenampakan atau pergerakan ISS di langit.

ISS adalah sebuah satelit buatan manusia terbesar yang di dalamnya saat ini ada 6 orang astronot. Modul pertama dari ISS diluncurkan ke luar angkasa pada tahun 1998 dan pembangunan ISS butuh waktu sekitar dua tahun.

Kehadiran astronot di dalam ISS telah dimulai pada tanggal 2 November 2000. Sejak saat itu, ISS telah terus dikunjungi astronot untuk melakukan eksperimen ilmiah. ISS berfungsi sebagai laboratorium yang mengorbit Bumi. Negara-negara kemitraan utama yang terlibat dalam operasi ISS adalah Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Jepang dan Rusia.

ISS mengorbit pada ketinggian 380 kilometer di atas permukaan Bumi dengan kecepatan rata-rata 27.724 kilometer per jam. Silakan daftar di sini untuk mengikuti program Spot the Station dari NASA.