Bintang Super Kalahkan Lubang Hitam dalam Kompetisi Jet

Ilustrasi. Kredit: Astron.nl
Info Astronomy - Selama puluhan tahun, black hole (lubang hitam) telah menjadi juara yang tak terbantahkan dari pembentukan jet (atau semburan) yang sangat kuat. Objek-objek lain di alam semesta bahkan hanya mampu membuat jet kecil yang redup sehingga sulit untuk kita lihat, tidak seperti jet dari lubang hitam.

Tapi baru-baru ini, para astronom telah menemukan sebuah bintang yang ingin menantang sang lubang hitam. Penantangnya adalah jenis bintang super yang disebut bintang neutron (baca: new-tron). Sebuah bintang yang terletak pada sistem bintang ganda yang baru-baru ini terlihat semacam ledakan dalam jumlah yang luar biasa besar!

Ketika bintang neutron memiliki bintang "pendamping" pada sistem bintang ganda, bintang neutron sering mencuri gas dari bintang "pendamping" tersebut. Ketika pencurian ini terjadi, beberapa gas dari kedua bintang meledak ke luar angkasa dengan kecepatan yang luar biasa, menciptakan pemandangan yang spektakuler.

Semakin materi bintang "pendamping" dicuri dari bintang neutron, jet yang luar biasa terang semakin menjadi-jadi. Tapi ketika para astronom mengobservasi sebuah bintang neutron yang menyebabkan jet terang tersebut muncul, para astronom menemukan bahwa bintang neutron hanya mencuri sebagian kecil materi bintang "pendamping"-nya. Yang bahkan biasanya tidak cukup untuk menyebabkan jet terang tersebut muncul.

Ternyata, bintang neutron penyebab semburan ini memang tidak biasa. Ia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk tetap tenang di jagad raya sambil mengumpulkan gas (seperti ketika diamati para astronom), sebelum tiba-tiba bergejolak. Meskipun semburan dasyat ini hanya sebentar tapi sangat spektakuler!

Fakta Menarik
Energi dari jet atau semburan lubang hitam triliunan kali lebih banyak dari energi yang dikeluarkan Matahari. Untuk membantu Anda membayangkannya, satu triliun adalah seperti ini: 1.000.000.000.000.

ASTRON   
Dilansir dari Press Rilis ASTRON.
Diterjemahkan oleh Sadly Rachman
Bintang Super Kalahkan Lubang Hitam dalam Kompetisi Jet Bintang Super Kalahkan Lubang Hitam dalam Kompetisi Jet Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/21/2015 01:54:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.