Bagaimana Astronot di ISS Terhubung dengan Internet?

Astronot asal Italia, Samantha Cristoforetti sedang mempersiapkan eksperimen di ISS. Kredit: NASA, ESA
Info Astronomy - Jika Anda memiliki akun Twitter dan mengikuti akun astronot-astronot yang sedang bertugas di International Space Station (ISS), Anda mungkin bertanya, bagaimana bisa mereka menge-tweet dari ISS yang berada di luar angkasa?

ISS yang berada di ketinggian rata-rata 380 kilometer di atas permukaan Bumi memiliki banyak fasilitas canggih. Tapi internet super cepat, sejauh ini, bukan merupakan salah satu dari daftar fasitilitas canggih tersebut.

Kecepatan koneksi internet dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, menurut astronot Scott Kelly dari NASA, "Lebih buruk dari dial-up." Kelly mengatakan hal ini di akun Twitter-nya. Dan rekannya, Reid Wiseman, setuju: "Kami memiliki koneksi internet sangat lambat, namun email sangat cepat."


Konektivitas internet ISS sebenarnya sama seperti di yang digunakan seluruh pengguna internet di Bumi. Jaringan internet di ISS sama-sama menggunakan data dari satelit komunikasi yang mengorbit Bumi. Tapi apa yang menyebabkan koneksinya begitu lambat dari...... dial-up?

"Mereka memiliki komputer dan satu laptop di tempat tidur pribadi mereka (di ISS) yang dapat mereka gunakan untuk mengakses situs web, email, tweeting, dan membaca berita online," kata David Steitz, juru bicara NASA. "Mereka juga memiliki komputer tablet, mereka dapat menggunakannya untuk berbagai tugas operasional, termasuk Skype-in dengan keluarga dan teman-teman di Bumi."

Astronot di ISS pertama kali punya akses internet adalah sekitar lima tahun lalu, sebuah langkah yang NASA lakukan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup para astronot dan membantu mereka agar tidak merasa terisolasi di luar angkasa.

Yang membuat koneksi di ISS begitu lambat dibandingkan dengan kecepatan internet di Bumi adalah, jarak data yang melakukan perjalanan dari satelit ke device begitu jauh. Ketika astronot mengklik tautan situs web tertentu di dalam ISS, Twitter.com misalnya, permintaan data untuk hal tersebut akan melakukan perjalanan 22.000 mil dari Bumi, untuk menuju satelit geosynchronous. Satelit tersebut kemudian mengirim sinyal ke penerima ke Bumi, sebelum akhirnya ditransmisikan ke ISS.

Astronot Lebih Suka Memotret atau Menonton Film daripada Online di ISS
Karena lambatnya koneksi internet di ISS, saat waktu luang di ISS, para astronot lebih memilih untuk memotret-motret Bumi dari luar angkasa ataupun menonton acara televisi langsung.

Astronot bahkan bisa menonton film di luar angkasa, meskipun mereka tidak memakai Netflix untuk melakukannya. "Para astronot dapat memilih, sebelum mereka meluncur ke ISS, apa saja film yang ingin mereka tonton di sana," kata Dan Huot, juru bicara NASA. "Mereka memiliki proyektor dan layar yang dapat mereka gunakan untuk menonton film."
Bagaimana Astronot di ISS Terhubung dengan Internet? Bagaimana Astronot di ISS Terhubung dengan Internet? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/28/2015 01:36:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.