Astronot ISS Potret Bentangan Galaksi Bima Sakti dari Orbit Bumi

Memotret adalah hiburan tersendiri bagi para astronot di ISS. Mereka bisa memotret apa saja dari orbit Bumi, seperti bentangan Galaksi Bima Sakti.
Bentangan Bima Sakti dari orbit Bumi. Kredit: Scott Kelly
Info Astronomy - Bumi kita memiliki satu satelit buatan manusia terbesar yang mengorbitnya, adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang mengorbit pada ketinggian rata-rata 360 kilometer di atas permukaan Bumi.

Di dalam ISS, ada 3-6 astronot yang menjalankan misi selama 6 bulan secara bergantian dari tahun ke tahun sejak tahun 2000. Namun, astronot Scott Kelly dari Amerika Serikat ini cukup istimewa, ia menjalankan misi selama satu tahun sejak Maret 2015. Hingga artikel ini ditulis, Kelly telah menghabiskan 180 hari di ISS.

Apakah pernah terpikirkan oleh Anda apa hiburan untuk para astronot yang bekerja di ISS? Salah satu hiburan bagi mereka tidak lain tidak bukan adalah memotret Bumi atau jagad raya dari orbit. Seru? Tentu saja!

Foto bentangan Bima Sakti pada bagian atas artikel ini adalah salah satu hasil jepret astronot Scott Kelly dari orbit Bumi. Ia tak hanya berhasil memotret bentangan Bima Sakti, Kelly juga berhasil memotret aurora dari luar angkasa, Bumi saat malam hari dari luar angkasa serta foto-foto apik lainnya.

Scott Kelly saat sedang memotret-motret Bumi. Kredit: NASA, Scott Kelly
Scott Kelly adalah astronot yang merangkap sebagai insinyur penerbangan dari NASA, ia adalah veteran yang pensiun dari Angkatan Laut AS. Pada tahun 2012, ia terpilih sebagai astronot yang menjalankan misi satu tahun di ISS.

Spaceflight pertama Kelly adalah sebagai pilot Pesawat Ulang Alik Discovery pada misi STS-103 di bulan Desember 1999. Misinya saat itu adalah memperbaiki Teleskop Antariksa Hubble yang berada di orbit Bumi yang berlangsung selama delapan hari. Spaceflight keduanya adalah sebagai komandan misi STS-118, misi Pesawat Ulang Alik selama 12 hari ke ISS pada bulan Agustus 2007.