Wajib Lihat! Inilah Daftar Peristiwa Astronomis Sepanjang Agustus 2015

Redaksi Info Astronomy telah merangkum jadwal peristiwa astronomis sepanjang Agustus 2015. Jangan lupa bookmark halaman atau artikel ini sebagai kalender astronomi Anda.
Didesain oleh redaksi Info Astronomy
Info Astronomy - Agustus! Selain bulan ini Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-70 tahun, peristiwa-peristiwa astronomis seperti hujan meteor dan Bulan Purnama akan menghiasi langit malam.

Redaksi Info Astronomy telah merangkum jadwal peristiwa astronomis sepanjang Agustus 2015. Jangan lupa bookmark halaman atau artikel ini sebagai kalender astronomi Anda.

2 Agustus 2015: Bulan di Perigee
Perigee adalah istilah yang digunakan saat Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi kita. Pada Agustus 2015, Bulan pasca Purnama akan berada di perigee pada tanggal 2, tepatnya pukul 17:11 WIB. Jaraknya dari Bumi saat itu sekitar 362.135 kilometer.

5 Agustus 2015: Konjungsi Bulan dengan Planet Uranus
Konjungsi adalah peristiwa di mana dua atau lebih objek langit saling berdekatan jika diamati dari permukaan Bumi. Konjungsi kali ini akan mempertemukan Bulan dengan Planet Uranus. Sayangnya, untuk mengamati Uranus dibutuhkan teleskop canggih, ini karena Uranus terlalu redup untuk diamati.

Mereka berdua akan berada di titik tertinggi di langit, sekitar 76 derajat dari cakrawala Utara, pada pukul 4:16 WIB. Bulan dan Uranus hanya akan terpisah 0°57'. Magnitudo Bulan sekiar -12,7 sedangkan magnitudo Uranus +5,8. Semakin besar angka magnitudo, semakin redup sebuah benda langit.

8 Agustus 2015: Konjungsi Bulan dengan bintang Aldebaran
Bulan yang sudah mencapai fase Sabit Akhir akan ditemani bintang merah Aldebaran di rasi bintang Taurus. Anda dapat melihat dekatnya Bulan dengan Aldebaran saat sebelum Matahari terbit pada 8 Agustus 2015 di langit Timur.

11, 12, 13 Agustus 2015: Puncak Hujan Meteor Perseid!
Hujan meteor adalah peristiwa saat debris atau puing-puing komet masuk ke atmosfer Bumi, dan terbakar. Debris ini muncul ketika Bumi melintasi bekas orbit sebuah komet yang pernah mendekati Matahari. Pada Agustus, yang terjadi adalah hujan meteor Perseid, berasal dari debris komet Swift-Tuttle.

Hujan meteor Perseid akan mencapai puncaknya pada 11, 12 dan 13 Agustus 2015. Peristiwa ini dapat diamati mulai tengah malam hingga Matahari terbit. Tidak butuh teleskop, alias pengamatan wajib diamati dengan mata telanjang. Intensitasnya mencapai 60 meteor per jam! Kabar baiknya, hujan meteor ini bisa diamati di seluruh Indonesia!

15 Agustus 2015: Venus di Konjungsi Inferior
Dari sudut pandang kita di Bumi ini, Venus akan muncul sangat dekat dengan Matahari di langit. Ini karena Venus akan mencapai konjungsi inferior, atau sederhananya adalah peristiwa saat Venus berada di antara Matahari dan Bumi.

Venus dan Matahari hanya terpisah 7° di langit, membuat Venus benar-benar tidak dapat diamati selama beberapa pekan kedepan. Setelah konjungsi inferior ini, Venus yang beberapa bulan ini kita amati di langit Barat saat senja akan pindah ke langit Timur saat dinihari.

18 Agustus 2015: Bulan di Apogee
Apogee adalah kebalikan dari perigee, alias titik terjauh Bulan dengan Bumi. Pada 18 Agustus 2015 jarak Bulan dengan Bumi adalah sekitar 405.852 kilometer, membuat Bulan akan terlihat lebih kecil dari biasanya di langit Bumi.

29 Agustus 2015: Bulan Purnama
Bulan Purnama pada Agustus 2015 sebenarnya akan terjadi pada tanggal 30 pukul 1:36 WIB dinihari. Namun, kenampakan Bulan pada senja tanggal 29 akan terlihat bulat mendekati Purnama.

Bulan Purnama akan muncul seperti Bulan Purnama pada umumnya, tidak akan terlihat biru atau bahkan polkadot. Peristiwa ini juga tidak akan menyebabkan terjadinya bencana di Bumi. Jadi, mari duduk dan nikmati Purnama di Agustus.

Nah, itulah beberapa peristiwa astronomis sepanjang Agustus 2015. Mana yang paling Anda tunggu?