Ada 'Menara Eiffel' di Matahari

'Menara Eiffel' di permukaan Matahari. Kredit: Goran Strand
Info Astronomy - Ada yang unik di permukaan Matahari kemarin, 19 Agustus 2015. Sebuah replika 'Menara Eiffel' di permukaan Matahari berhasil diabadikan astrofotografer asal Swedia, Göran Strand pada akun Twitter-nya.

Meskipun bukan benar-benar sebuah menara, alias hanya letupan plasma pada Matahari, hal tersebut memiliki kemiripan dengan menara yang ada di Perancis, bentuk seperti ini sangat langka teramati pada permukaan Matahari.

Letupan plasma pada permukaan Matahari terjadi karena ledakan gas yang terionisasi. Letupan 'Menara Eiffel' ini berukuran lebih besar dari Bumi kita, seperti yang Anda lihat pada foto perbandingan di atas.

Untuk membuat foto yang Anda lihat di atas, Strand mengambil lebih dari 1000 foto Matahari, lalu 300 foto terbaiknya ditumpuk bersama-sama untuk mendapatkan foto yang jelas seperti di atas. Agar tidak silau saat pemotretan, Strand menggunakan filter jenis khusus yang disebut filter hidrogen alpha untuk mendapatkan tampilan Matahari seperti pada foto di atas.

Filter hidrogen alpha ini bekerja dengan cara menghalangi sebagian panjang gelombang cahaya lain yang masuk ke lensa kamera dengan hanya menyerap sejumlah kecil cahaya yang dipancarkan oleh pembakaran hidrogen untuk dipotret oleh fotografer.
Ada 'Menara Eiffel' di Matahari Ada 'Menara Eiffel' di Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/20/2015 04:27:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.