Wahana Antariksa New Horizons Berhasil Tiba di Pluto!

I love Pluto. Kredit: NASA
Info Astronomy - New Horizons, sebuah wahana antariksa tak berawak seberat 500 kilogram milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah tercatat sejarah sebagai benda buatan manusia pertama yang tiba di Pluto.

Wahana antariksa New Horizons berada pada jarak 12.500 kilometer (jarak terdekatnya) dengan Pluto pada 18:49 WIB, Selasa 14 Juli 2015. Sebuah pencapaian luar biasa untuk NASA dan umat manusia.

Penemuan besar ditemukan dari misi New Horizons, yakni tentang salah satu pertanyaan yang paling dasar tentang Pluto: Seberapa besarkah Pluto itu?

Pengukuran oleh New Horizons saat terbang lintas (flyby) Pluto semalam (14/7) telah mengkonfirmasi bahwa Pluto adalah obyek semesta terbesar di wilayah yang luas di luar orbit Neptunus yang dikenal sebagai Sabuk Kuiper.

Pluto memilik ukuran 2.370 kilometer, tidak ada yang lebih besar dari diameter Pluto tersebut di Sabuk Kuiper. Informasi ini dinyatakan oleh peneliti utama New Horizons, Alan Stern dari Southwest Research Institute di Boulder, Colorado, saat briefing media di pusat kontrol New Horizons di Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory (APL) di Laurel, Maryland.

Citra Pluto dengan kualitas terbaik dalam sejarah yang dipotret New Horizons. Kredit: NASA, JHUAPL
"Dengan terbang lintas Pluto yang sukses, kita merayakan awal dari zaman keemasan eksplorasi planet," kata John Grunsfeld, administrator asosiasi untuk NASA Direktorat Misi Sains di Washington. "Era baru eksplorasi tata surya baru saja dimulai. Misi NASA akan mengungkap misteri Mars, Jupiter, Europa (satelit alami Jupiter) dan eksoplanet di tahun-tahun mendatang."

Pluto menjadi obyek Sabuk Kuiper pertama yang dikunjungi oleh misi dari Bumi. New Horizons akan melanjutkan petualangan yang lebih dalam menuju Sabuk Kuiper, di mana Sabuk Kuiper ini merupakan "pabrik" komet.

"Mengikuti jejak misi eksplorasi planet seperti Mariner, Pioneer dan Voyager, New Horizons telah memenangkan space race di Pluto," kata Alan Stern. New Horizons mengumpulkan begitu banyak data tentang Pluto dan butuh waktu 16 bulan untuk mengirim semua data tersebut kembali ke Bumi.

"Data dari New Horizons dapat membantu kita untuk memahami lebih baik bagaimana sistem tata surya kita terbentuk," kata Prof. Stephen Hawking dalam pesan video (tonton vidonya di bawah). "Kita mengeksplorasi karena kita adalah manusia, dan kita ingin tahu. Saya berharap bahwa Pluto akan membantu kita dalam keingintahuan itu."

Sekali lagi, selamat untuk NASA!

Berikut ini adalah pesan video dari Prof. Stephen Hawking yang dikirim melalui akun Facebook resminya:

Stephen Hawking NASA Statement
I would like to congratulate the New Horizons team and NASA - National Aeronautics and Space Administration for their historic flyby of Pluto. The culmination of a decade long mission, I can't wait to see what new information the New Horizons spacecraft will reveal about our distant relative. - SH
Posted by Stephen Hawking on 14 Juli 2015
Wahana Antariksa New Horizons Berhasil Tiba di Pluto! Wahana Antariksa New Horizons Berhasil Tiba di Pluto! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/15/2015 10:50:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.