Wah! Hasil Riset Siswa SMA Indonesia Bakal Diluncurkan ke ISS

Wah! Hasil Riset Siswa SMA Indonesia Bakal Diluncurkan ke ISS
Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kredit: NASA
Info Astronomy - Riset siswa SMA Indonesia di Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) disebutkan bakal menjadi penelitian pertama Indonesia yang akan muncul di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Sebagaimana diketahui, program riset siswa tersebut akan dikirimkan ke ISS pada April 2016. Hal itu disampaikan oleh inisator program riset siswa di NASA, JW Saputro.

"Belum pernah ada riset dari Indonesia (di ISS). Makanya nanti dalam kotak eksperimen itu, saya akan kasih bendera Indonesia dan logo Garuda," kata pria yang akrab disapa Prof. Sap seperti dilansir dari VIVA.

Hal itu juga dikuatkan oleh keterangan dari Kepala Pusat Sains Antriksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Bandung, Clara Yatini.  Menurut Clara sejauh ini, kontribusi Indonesia dalam riset di antariksa hanyalah menyumbangkan material penelitian saja.

"Kalau untuk hadir di sana belum. Yang ada kerja sama dengan modul untuk diletakkan di ISS milik Jepang, Kibo. Itu kerja sama dengan ITB,"  Kerjasama tersebut pun saat ini madih dalam tahap diskusi dengan Jepang dan dijadwalkan akan diluncurkan ke ISS pada 2017. Peneliti Indonesia yang terlibat yaitu peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Risetnya soal pisang,"

Clara mengatakan, selama ini riset keantariksaan dari peneliti Indonesia masih menjalankan uji coba di daratan bumi saja. Misalnya, peneliti Indonesia melakukan simulasi dengan peralatan untuk meniru kondisi mikro gravitasi di antariksa.

"Beberapa waktu lalu sudah meneliti pertumbuhan tanaman di luar angkasa, kita kirimkan biji diterbangkan ke sana dan dikembalikan dan ditanam ke bumi," tutur perempuan jebolan Astronomi Universitas Tohoku, Jepang itu.

Diberitakan sebelumnya, Surya University Banten, bekerja sama dengan Indonesia Transformation Network menggelar program pengiriman riset siswa SMA Indonesia ke ISS. Pengiriman akan dilakukan pada April 2016.

Sebelum mengirimkan hasil eksperimen di ISS, para siswa akan mengerjakan eksperimennya di laboratorium ISS di Amerika Serikat pada Desember 2015. Hasil akhir riset siswa Indonesia, yang berupa modul eksperimen, akan diserahkan NASA pada awal Januari 2016, sebelum diluncurkan ke ISS pada 2 April 2016.

Peluncuran hasil riset siswa Indonesia akan menumpang muatan di roket SpaceX CRS-8. Prof. Sap mengatakan, tiap roket yang meluncur ke ISS akan membawa bobot dua ton. Program ini telah menemukan dua tim, yaitu satu tim dari Surya University dan satu tim dari SMA Dell, Sumatera Utara.