Tenda Ini Akan Digunakan untuk Berkemah di Bulan

Ilustrasi tenda untuk berkemah di Bulan. Kredit: Popular Science
Info Astronomy - Waktu luang seorang astronot selalu menjadi masalah di Bulan. Pada program Apollo NASA yang telah mendaratkan selusin manusia di Bulan pada rentang waktu 1969-1972, para astronotnya menghabiskan total tiga hari hanya untuk berjalan di permukaan Bulan.

Itu karena para astronot tidak memiliki tenda untuk istirahat atau melakukan hal lain di Bulan, mereka hanya melakukan misi di dalam lunar lander dan di permukaan Bulan. Dan untuk membantu para astronot yang ke Bulan di masa mendatang mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, ilmuwan di Institut Teknologi Massachussets (MIT) kini merancang tenda tiup yang ringan.

Tenda yang hanya perlu ditiup atau dipompa angin untuk mulai digunakan ini muat untuk dua astronot, Tenda juga sudah dilengkapi perisai reflektif untuk mencegah sinar matahari memanggang para astronot, sistem pendukung kehidupan yang akan memasok oksigen, sair dan makanan, mempertahankan suhu, menghisap karbon dioksida, dan menjaga dari kelembaban berlebih.

Di dalam tenda juga disediakan ruangan khusus astronot yang ditutupi kain berlapis silikon. Ruangan ini akan menjaga para astronot dari bahaya debu Bulan ketika tidur atau sekadar beristirahat.

Debu Bulan, yang menempel pada pakaian astronot ketika mereka berjalan-jalan di permukaan, bisa menimbulkan masalah. Debu Bulan yang bermuatan listrik dapat membuat kebakaran dengan sistem listrik pada tenda.

Maka dari itu, Samuel Schreiner, salah satu ilmuwan di MIT yang merancang tenda Bulan ini, telah membuat ruangan agar astronot tetap aman. Di bawah ini adalah cara astronot menggunakan ruangan khusus tersebut:

Cara penggunaan tenda di Bulan. Kredit: Popular Science
Schreiner memperingatkan, bagaimanapun, konsep tenda Bulan ini masih dalam tahap awal dan pengembangan. Ia dan timnya sedang merancang tenda ini dan diharapkan dapat benar-benar digunakan secara maksimal oleh astronot-astronot yang nantinya dikirim ke Bulan.

Ia dan tim ilmuwan dari MIT juga berharap tenda ini tidak hanya dipakai untuk berkemah di Bulan. Mereka ingin tenda ini digunakan NASA untuk misi mereka yang berencana mendaratkan manusia di Bulan pada tahun 2030 mendatang.
Tenda Ini Akan Digunakan untuk Berkemah di Bulan Tenda Ini Akan Digunakan untuk Berkemah di Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/29/2015 02:16:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.