Stephen Hawking Umumkan Dana $100 Juta untuk Pencarian Kehidupan Luar Bumi

Stephen Hawking Umumkan Dana $100 Juta untuk Pencarian Kehidupan Luar Bumi
Ilustrasi. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Apakah kita sendirian di alam semesta? Mengingat adanya jutaan planet mirip Bumi di galaksi kita, Bima Sakti, tampaknya memang tidak mungkin jika kita sendirian saja. Tetapi para ilmuwan telah mencari sinyal dari kehidupan di luar Bumi selama puluhan tahun, hasilnya tetap nihil.

Senin, 20 Juli 2015 di Royal Society di London, Breakthrough Initiatives mengumumkan upaya pencarian internasional selama 10 tahun untuk membuka misteri kehidupan cerdas di alam semesta. Bergabung dengan Stephen Hawking, Martin Rees, Frank Drake, Geoff Marcy dan Ann Druyan, pengusaha Rusia Yuri Milner sangat girang menyumbangkan dana 100 juta dolar, yang akan membuat pencarian alien paling komprehensif sepanjang sejarah.

"Di alam semesta yang tanpa batas, pasti ada kehidupan lain selain kehidupan kita," kata Profesor Hawking pada acara tersebut. "Sudah waktunya untuk berkomitmen untuk menemukan jawabannya, untuk pencarian kehidupan di luar Bumi. Kita adalah kehidupan, kita cerdas, kita harus tahu."

Menggunakan dua teleskop yang paling kuat di dunia --Green Bank Telescope dan Parkes Telescope-- ilmuwan akan memindai sinyal cahaya di langit, atau lebih khusus gelombang radio, dengan harapan mengidentifikasi apapun yang bisa menjadi hasil dari peradaban maju. Ini akan dilakukan dalam kombinasi dengan pencarian yang mendalam untuk transmisi optik laser menggunakan California Lick Telescope.

Dalam galaksi kita sendiri, dua teleskop tadi akan mengobservasi beberapa bintang terdekat Bumi kita, pusat Bima Sakti dan galaksi lainnya. Di luar itu, ilmuwan juga akan "menguping" sinyal dari 100 galaksi paling dekat dengan kita. Diperkirakan, total akan ada 10 miliar frekuensi yang diteliti, secara bersamaan.

"Akibatnya, kita akan mendengarkan piano kosmik setiap kali kita arahkan teleskop radio ke langit, piano kosmik tidak dengan 88 kunci nada tetapi dengan sepuluh miliar kunci nada."

Penelitian ini akan menghasilkan data dengan jumlah yang tak terduga. Bagaimana tim ilmuwan tadi menyaring itu semua? Langkah selanjutnya ternyata melalui media sosial. Semua data yang dikumpulkan akan terbuka dan tersedia secara bebas, dan setelah mengembangkan perangkat lunak yang kuat untuk membantu trawl tersebut, ilmuwan dan masyarakat dunia akan dapat menganalisis bersama-sama.

Jika Anda ingin terlibat dalam usaha ambisius ini, Anda dapat ikut menganalisis dan berbagi ide-ide Anda, rincinya akan tim redaksi Info Astronomy rilis dalam tulisan selanjutnya. Untuk saat ini, duduk kembali dan bersiaplah untuk pencarian kehidupan cerdas luar Bumi.
Stephen Hawking Umumkan Dana $100 Juta untuk Pencarian Kehidupan Luar Bumi Stephen Hawking Umumkan Dana $100 Juta untuk Pencarian Kehidupan Luar Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/21/2015 10:28:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.