Sempat Error, Sistem Komputer New Horizons Kini Kembali Normal

Sempat Error, Sistem Komputer New Horizons Kini Kembali Normal
Ilustrasi New Horizons yang berada di dekat Pluto. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Wahana antariksa New Horizons milik NASA sempat mengalami kerusakan sistem komputer pada 4 Juli 2015 yang menyebabkan hilangnya komunikasi dengan Bumi.

Pusat operasi misi di Laboratorium Fisika Terapan Johns Hopkins University, di Laurel, Maryland, kehilangan kontak dengan wahana antariksa tak berawak ini --yang dalam 8 hari lagi sampai di Pluto-- saat dinihari tanggal 4 Juli 2015.

Saat hilang kontak, autopilot onboard di New Horizons diprogram untuk beralih ke "safe mode" dan memerintahkan komputer cadangan untuk memulai kembali komunikasi dengan Bumi. New Horizons kemudian mulai mengirimkan telemetri untuk membantu para ilmuwan mendiagnosis masalah apa yang terjadi.

Penyelidikan kerusakan yang menyebabkan New Horizons untuk masuk "safe mode" pada 4 Juli 2015 telah menyimpulkan bahwa tidak ada perangkat keras atau perangkat lunak yang error pada sistem komputer wahana antariksa tersebut. Menurut NASA dalam penyataannya di situs web resmi mereka, penyebab yang mendasari insiden itu sulit dideteksi.

"Saya senang bahwa tim misi kami dengan cepat mengidentifikasi masalah dan meyakinkan kesehatan wahana antariksa New Horizons," kata Jim Green, Direktur NASA dari Planetary Science. "Sekarang kami kembali normal untuk semakin mendekati Pluto."

Persiapan sedang berlangsung untuk melanjutkan misi yang pada awalnya direncanakan pada 7 Juli 2015 untuk melakukan seluruh rangkaian terbang lintas dekat Pluto seperti yang direncanakan.

Tim misi sains dan peneliti utama telah mengatakan bahwa pengamatan ilmiah yang hilang selama pemulihan kerusakan sistem komputer tidak memengaruhi tujuan utama dari misi ini.

New Horizons kini berjarak hampir 3 miliar mil jauhnya dari Bumi, di mana sinyal radio yang bergerak dengan kecepatan cahaya, perlu 4,5 jam untuk mencapai stasiun pemantau di Bumi. Komunikasi dua arah antara New Horizons dan operator di Bumi membutuhkan sembilan jam lamanya.