Bulan Purnama Malam Ini Takkan Terlihat Biru

Menanti Blue Moon di Akhir Juli
Bulan Purnama yang disunting sedemikian rupa agar menjadi warna biru. Kredit: Priya Kumar
Info Astronomy - Pernahkah Anda mendengar istilah Blue Moon? Mungkin ada yang pernah namun ada pula yang belum. Tapi bagi siapapun yang pertama kali mendengarnya mungkin mengira bahwa Blue Moon adalah istilah yang digunakan saat Bulan terlihat berwarna biru. Benarkah itu?

Mmm... sayangnya bukan seperti itu. Tapi mungkin kah Bulan benar-benar terlihat berwarna biru? Mari kita bahas satu-satu.

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Blue Moon? Blue Moon adalah istilah yang digunakan untuk julukan peristiwa Bulan Purnama kedua dalam satu bulan (month, selanjutnya akan disebut "bulan" dengan huruf "b" kecil). Satu putaran Bulan mengelilingi Bumi berlangsung dalam 29,5 hari. Nah, dalam setiap putaran tersebut, fase Bulan akan terlihat berbeda-beda di mata kita.

Pada saat Bulan mencapai puncaknya (tepat di belakang Matahari dan Bumi), kita dapat melihat seluruh permukaan Bulan yang menghadap Bumi. Itulah yang kita sebut sebagai Bulan Purnama. Bulan purnama ini hanya terjadi satu kali dalam satu putaran Bulan, dengan kata lain Bulan Purnama terjadi setiap 29,5 hari sekali.

Karena ada 30-31 hari dalam satu bulan masehi (kecuali Februari yang hanya memiliki 28-29 hari), dimungkinkan akan ada dua kali Bulan Purnama selama sebulan. Bulan Purnama kedua itulah yang disebut sebagai Blue Moon.

Peristiwa Bulan Purnama kedua ini bakal terjadi pada akhir Juli 2015. Bulan Purnama yang sudah terjadi pada 2 Juli 2015 akan terjadi lagi pada 31 Juli 2015. Bulan akan masuk fase Purnama pada pukul 17:44 WIB pada akhir Juli nanti.

Sudah jelas kan kalau Blue Moon bukan berarti Bulan berwarna biru? Blue Moon juga tidak akan mengakibatkan timbulnya bencana di Bumi. Jadi kita akan aman-aman saja. Selamat menanti Blue Moon!
Bulan Purnama Malam Ini Takkan Terlihat Biru Bulan Purnama Malam Ini Takkan Terlihat Biru Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/31/2015 04:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.