7 Juli: Hari Ini Bumi Berada di Jarak Terjauh dari Matahari

7 Juli: Hari Ini Bumi Berada di Jarak Terjauh dari Matahari
Ilustrasi. Kredit: Astronomy.com
Info Astronomy - Hari ini, Selasa 7 Juli 2015, Bumi kita berada pada titik Aphelion atau jarak terjauhnya dari Matahari. Pada Aphelion (atau Apoapsis) pada tahun 2015 ini terjadi pada pukul 02:40 WIB dinihari tadi.

Aphelion membuat jarak Bumi-Matahari saat ini menjadi sekitar 1,01668 SA (Satuan Astronomi) atau sekitar 152.100.000 kilometer (94.500.000 mil).

Kita (di Bumi) 3,3% lebih jauh ke Matahari daripada saat awal Januari 2015 kemarin. Penyisipan satu hari ekstra setiap tahun kabisat menyebabkan tanggal aphelion Bumi menjadi bervariasi antara 3 Juli dan Juli 6 dari tahun ke tahun.

Aphelion membuat Bumi berada 4,8 juta kilometer lebih jauh dari Matahari daripada perihelion (jarak terdekat ke Matahari) pada awal Januari. Eksentrisitas orbit planet kita bervariasi dari 0,017 atau 1,7% karena bentuknya yang elips.

Bumi berada di jarak terjauh dari Matahari pada musim panas di belahan Bumi Utara, dan mereka tetap merasakan panas menyengat. Hal ini dikarenakan musim tidak dipengaruhi oleh jarak Bumi ke Matahari.

Musim panas atau musim dingin dipengaruhi oleh miringnya 23,44 derajat sumbu rotasi Bumi. Sehingga saat ini belahan Bumi Utara lebih condong ke Matahari dan menyebabkan musim panas. Dan sebaliknya untuk belahan Bumi Selatan. Jadi jika Anda tetap merasakan suhu panas padahal Bumi di Aphelion, jelas saja, wong tidak ada pengaruhnya.

Selamat Aphelion!
7 Juli: Hari Ini Bumi Berada di Jarak Terjauh dari Matahari 7 Juli: Hari Ini Bumi Berada di Jarak Terjauh dari Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/07/2015 11:06:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.