Ternyata Setiap Bulan Purnama Memiliki Julukannya Masing-masing, lho!

Ternyata Setiap Bulan Purnama Memiliki Julukannya Masing-masing, lho!
Bulan Purnama di langit Jakarta. Kredit: Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Tahukah Anda? Ternyata setiap Bulan Purnama memiliki julukannya masing-masing, julukan ini kebanyakan diberikan oleh penduduk Eropa dan Amerika untuk memeringati hal apa yang sedang terjadi saat sebuah Bulan Purnama muncul.

Di bawah ini ada daftar 12 julukan Bulan Purnama dari Januari hingga Desember setiap tahunnya. Yup, julukannya tidak pernah berubah. Mari simak.

1. Full Wolf Moon
Ditengah musim dingin Januari, serigala melolong lapar di tengah malam. Bulan Purnama ini juga dikenal sebagai Old Moon atau Moon after Yule. Di beberapa suku di Amerika, Bulan Purnama ini juga di kenal sebagai Full Snow Moon.

2. Full Snow Moon
Februari biasanya turun salju terhebat di lintang Utara Bumi. Berburu hewan yang biasa dilakukan beberapa suku di Amerika menjadi sangat sulit, dan karenanya untuk beberapa suku, Bulan Purnama ini disebut juga Full Hunger Moon.

3. Full Worm Moon
Di bulan Maret ini tanah melunak dan cacing tanah bisa muncul ke permukaan. Suku-suku utara lebih mengenal Bulan Purnama ini sebagai Full Crow Moon, ketika suara gagak menjadi sinyal akhir musim dingin. Nama lain Bulan Purnama ini juga adalah Full Sap Moon yang menandai waktu penyadapan pohon maple.

4. Full Pink Moon
Rumput merah muda atau phlox merupakan salah satu bunga yang bermekaran di awal musim semi. Nama lain Bulan ini adalah Full Sprouting Grass Moon, Egg Moon, dan Full Fish Moon karena ikan Shad datang ke hulu untuk bertelur. Bulan ini juga disebut Paschal Full Moon karena Bulan Purnama pertama yang muncul di musim semi.

5. Full Flower Moon
Sepanjang Mei, bunga-bunga bermekaran di mana-mana. Bulan Purnama ini juga dikenal sebagai Full Corn Planting Moon atau Milk Moon. Ini merupakan Bulan Purnama kedua pada musim semi.

6. Full Strawberry Moon
Juni menjadi sangat spesial, sebab Bulan Purnama ini merupakan fase Purnama dimana terjadi saat musim panen stroberi tiba, maka disebut lah Full Strawberry Moon. Orang Eropa menyebut Bulan Purnama ini Full Rose Moon.

7. Full Buck Moon
Julukan Bulan Purnama pada Juli ini berasal dari fakta bahwa musim ini biasanya ketika banyak rusa yang keluar mencari mangsa. Bulan Purnama ini juga kadang disebut Full Thunder Moon, karena badai paling banyak muncul pada saat fase Purnama ini terjadi.

8. Full Sturgeon Moon
Disebut seperti itu karena ini saat ikan besar paling mudah di tangkap. Beberapa suku juga menyebutnya sebagai Full Red Moon karena saat bulan terbit akan terlihat kemerahan, sementara beberapa suku lainnya juga menyebut Green Corn Moon atau Grain Moon.

9. Full Harvest Moon
Inilah waktunya panen! Bulan Purnama ini disebut Harvest Moon karena ini terjadi paling dekat dengan ekuinoks musim gugur. Pada puncak panen raya, petani dapat bekerja hingga larut malam sambil ditemani cahaya Bulan Purnama ini di langit.

10. Full Hunters Moon
Dengan datangnya kawanan rusa dan telah masuk masa dimana dedaunan berguguran, maka tibalah saatnya untuk berburu! Di saat perburuan dengan ditemani Bulan Purnama di langit, pemburu dapat lebih mudah melihat rubah serta hewan lainnya, yang bisa ditangkap untuk perjamuan syukur setelah panen.

11. Full Beaver Moon
Pada titik ini, saatnya untuk mengatur perangkap berang-berang untuk diambil bulu hangatnya sebelum rawa membeku di musim dingin. Interpretasi lain menjelaskan bahwa nama Full Beaver Moon diambil dari kegiatan berang-berang yang sedang persiapan menyambut musim dingin.

12. Full Cold Moon
Selain Full Cold Moon, Bulan Purnama ini juga dijuluki Moon before Yule. Desember menjadi malam terdingin dengan Bulan Purnama. Kadang-kadang Bulan Purnama pada Desember ini disebut sebagai Full Long Nights Moon, karena malam memang terasa lebih lama.

Ditulis oleh Asy Syifa Donna
Ternyata Setiap Bulan Purnama Memiliki Julukannya Masing-masing, lho! Ternyata Setiap Bulan Purnama Memiliki Julukannya Masing-masing, lho! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/04/2015 03:19:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.