Teleskop Hubble Menemukan Galaksi yang Sendirian di Alam Semesta

Lokasi galaksi yang kesepian, NGC 6503. Kredit: NASA, HUBBLE
Info Astronomy - Kebanyakan galaksi berkumpul bersama-sama dalam sebuah kelompok galaksi yang disebut gugus galaksi, namun ada pengecualian yang sangat menarik. Dipotret oleh teleskop antariksa Hubble, Galaksi NGC 6503, sebuah galaksi yang berada sendirian di wilayah kekosongan lokal (Local Void).

NGC 6503 memiliki diameter 300.000 tahun cahaya dan berjarak kurang lebih 18 juta tahun cahaya dari Bumi, 1 tahun cahaya setara 9,4 triliun kilometer. Galaksi ini adalah salah satu galaksi terdekat Galaksi Bima Sakti yang bukan merupakan bagian dari Grup Lokal.

NGC 6503. Kredit: NASA, HUBBLE
Local Void adalah daerah seluas 150 juta tahun cahaya tanpa galaksi di dalamnya, namun kehadiran NGC 6503 di tepi kekosongan menjadi hal yang menarik untuk dipelajari.

Dijuluki "Lost-In-Space Galaxy" oleh astronom sekaligus penulis Stephen James O'Meara di dalam buku karyanya, NGC 6503 termasuk dalam studi intensif untuk mengungkapkan tentang struktur galaksi terdekat.

Studi ini juga menyimpulkan bahwa NGC 6503 memiliki "Lubang Hitam kelaparan" pada pusat galaksinya, yang telah kehilangan gas untuk tetap aktif. Anda dapat melihat video dari studi ini di bawah ini:

Teleskop Hubble Menemukan Galaksi yang Sendirian di Alam Semesta Teleskop Hubble Menemukan Galaksi yang Sendirian di Alam Semesta Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/18/2015 02:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.