Seperti Inilah Langit Malam Jika Objek-objek Semesta Berada di Dekat Bumi

Lembaga Antariksa Rusia (Roscosmos) telah menunjukkan seperti apa langit malam jika objek-objek semesta berada di dekat Bumi dalam sebuah video yang spektakuler di bawah ini.
Seperti Inilah Langit Malam Jika Objek-objek Semesta Berada di Dekat Bumi
Ilustrasi lubang hitam yang berada di dekat Bumi kita. Kredit: Rocosmos
Info Astronomy - Mulai dari Nebula Kepala Kuda (Horsehead) hingga Planet Kerdil Pluto, alam semesta ini penuh dengan keajaiban kosmik yang megah. Jika Anda punya teleskop, Anda dapat melihat banyak pemandangan luar biasa di langit malam. Tetapi bagaimana jika Anda tidak memilikinya?

Seperti misalnya Galaksi Whirlpool, terlihat megah dan sedikit menakutkan di langit malam apa bila ia beraaa di dekat Bumi. Galaksi ini ditemukan pada tahun 1773 oleh astronom Perancis Charles Messier, faktanya galaksi ini berjarak 30 juta tahun cahaya dari Bumi.

Kredit: Rocosmos
Dan di bawah ini adalah sang raksasa Nebula Cincin. Sebuah jenis nebula planeter yang ditemukan oleh astronom Perancis Antonie Darquier de Pellepoix pada tahun 1779. Faktanya, jarak Nebula Cincin adalah sekitar 2.000 tahun cahaya dari Bumi.

Kredit: Rocosmos
Tidak ketinggalan Galaksi Andromeda, galaksi spiral terdekat Bima Sakti ini terlihat begitu menguasai langit malam apabila berada di dekat Bumi. Dan ternyata, seperti inilah penampakan Andromeda sekitar 5 miliar tahun dari sekarang, saat ia akan bertabrakan dengan Bima Sakti.

Faktanya, galaksi Andromeda berjarak 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi saat ini.

Kredit: Rocosmos