Sebulan dari Sekarang, New Horizons bakal Tiba di Pluto

Ilustrasi New Horizons yang sudah dekat dengan Pluto. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - New Horizons merupakan salah satu wahana antariksa tak berawak milik NASA yang dirancang untuk terbang melewati Pluto dan satelitnya. Wahana ini memiliki berat sebesar hampir 500 kilogram.

New Horizons diluncurkan pada tanggal 19 Januari 2006. New Horizons memiliki kecepatan sekitar 16,26 km per detik, setelah mesin terakhir ditutup. Dengan demikian, New Horizons meninggalkan Bumi dengan kecepatan peluncuran tercepat yang pernah dicatat untuk sebuah objek buatan manusia.

Wahana antariksa ini terbang melewati Jupiter pada tanggal 28 Februari 2007, dan melewati orbit Saturnus pada tanggal 8 Juni 2008 dan diperkirakan akan tiba di Pluto sekitar sebulan lagi atau pada tanggal 14 Juli 2015, setelah itu akan berlanjut ke sabuk Kuiper.

Jika berhasil, New Horizons akan menjadi pesawat pertama yang mengunjungi planet tersebut. Di dalam New Horizons terdapat tujuh peralatan ilmiah yang dirancang untuk memberikan berbagai petunjuk mengenai keadaan permukaan Pluto, susunan dalam, serta atmosfernya.

Kabarnya didalam wahana antariksa New Horizons ini terdapat abu kremasi dari Clyde William Tombaugh yang merupakan penemu dari Pluto. Abunya diterbangkan bersama wahana New Horizons untuk mengenang atas jasanya yang telah menemukan Pluto.

PlayStation 1 Sebagai Mesin
Banyak yang sudah tahu bahwa ponsel pintar yang saat ini kita gunakan lebih canggih dibanding komputer yang dulu digunakan para astronot saat kali pertama mendarat di Bulan.

Yang belum banyak diketahui adalah kecanggihan dari prosesor pada konsol game PlayStation generasi pertama. NASA telah menerbangkan New Horizons menuju Pluto menggunakan prosesor dari PlayStation lawas tersebut, lho!

Prosesor itu difungsikan sebagai pendorong tenaga, sensor monitor, dan pengirim data dari alat penyelidikan ruang angkasa dari New Horizons. Prosesor jenis MIPS R3000 CPU yang digunakan menghadirkan permainan Final Fantasy VII dan Metal Gear Solid di PlayStation tersebut dimodifikasi oleh NASA pada tahun 2006 silam.