Galaksi Bima Sakti Menghiasi Langit Malam Idul Fitri

Mari Amati Galaksi Sendiri di Hari Raya Idul Fitri
Galaksi Bima Sakti di langit Aceh. Kredit: Sianak Desa
Info Astronomy - Takbir telah menggema, tanda hari raya di depan mata. Malam Idul Fitri akan menjadi spesial karena akan ditemani bentangan Galaksi Bima Sakti di langit. Bagi Anda yang sudah di kampung halaman, langit mungkin akan cukup bersih untuk melihat Bima Sakti.

Penasaran?

Bima Sakti adalah galaksi di mana Bumi kita berada, merupakan galaksi spiral yang besar dan memiliki 200-400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1.000 tahun cahaya.

Diperkirakan jarak antara Matahari dan pusat galaksi adalah 27.700 tahun cahaya. Nah, di pusat galaksi diduga terdapat lubang hitam supermasif atau black hole. Sagittarius A dianggap sebagai lokasi lubang hitam supermasif ini.

Galaksi Bima Sakti membentang dari Utara ke Selatan pada tengah malam tanggal 17-18-19 Juli 2015. Kredit: Stellarium
Jika Anda ingin melihat Bima Sakti, maka pastikan lokasi Anda terbebas dari polusi cahaya maupun polusi udara. Setidaknya Anda juga memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk menyesuaikan mata Anda dengan keadaan gelap.

Yang Anda lihat di langit memang bukan semacam pita putih jelas seperti di foto-foto. Bima Sakti terlihat seperti sebuah pita samar melengkung seperti awan. Namun jangan sampai menganggap awan-awan sungguhan di langit sebagai Bima Sakti. Bagaimanapun, mereka terlihat berbeda!

Bentangan galaksi Bima Sakti akan terlihat membentang dari Utara ke Selatan persis sepert pada gambar kedua di atas. Anda akan melihat bagian terang dengan debu kosmik yang siap membuat Anda kagum.

Tidak perlu teleskop untuk mengamati Bima Sakti, jika langit daerah Anda memang benar-benar cerah dan bebas polusi udara maupun polusi cahaya, sudah bisa dipastikan Bima Sakti akan terlihat jelas. (Baca juga: Begini Cara Memotret Bima Sakti dengan Kamera Smartphone)

Tim Redaksi Info Astronomy mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Mohon maaf lahir dan batin.

1. Min ada bulan atau tanggal2 khusus tidak ya buat lihatnya? Terus mimin tau tidak cara setting kamera dlsr agar warna dari milky way itu keluar saat kita rekam atau foto? Makasih.