Philae Bangun dari Hibernasi!

Philae Bangun dari Hibernasi!
Ilustrasi dari bangunnya Philae di permukaan komet 67P. Kredit: ESA
Info Astronomy - Sinyal bangunnya Philae setelah hibernasi sejak 16 November 2014 berhasil diterima European Space Operations Centre milik Lembaga Antariksa Eropa (ESA) di Darmstadt pada 18:28 WIB pada 14 Juni 2015. Lebih dari 300 paket data telah siap diolah.

"Philae telah bangun! Ia melakukannya dengan sangat baik. Ia memiliki suhu operasi -35ºC dan memiliki daya 24 Watt," jelas DLR Philae Project Manager Dr Stephan Ulamec. "Philae sudah siap untuk beroperasi. Mengeksplorasi komet!"

Robot pendarat Philae, seperti yang diketahui, berhasil mendarat di komet 67P (Churyumov-Gerasimenko) pada 12 November 2014, tujuh jam setelah berpisah dari pesawat antariksa Rosetta – kapal induk yang membawa robot Philae untuk mencapai tempat-tempat terjauh dalam tata surya.

Kini Philae sudah bangun dari hibernasi panjangnya, ia dikabarkan siap meneliti dan mengirimkan hasil penelitian dari komet 67P ke Bumi. Philae akan memulai serangkaian eksperimen ilmiah untuk mengetahui komposisi organik dan non-organik komet tersebut.

Kepala ESA menggarisbawahi rasa bangga Eropa yang berhasil mendarat di sebuah komet lebih dulu dari Amerika. Rosetta dan Philae kini meluncur bersama komet 67P untuk melintasi Matahari dan mulai meningkat kegiatannya dalam suhu yang semakin hangat.
Philae Bangun dari Hibernasi! Philae Bangun dari Hibernasi! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/14/2015 07:28:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.