Korona Bulan, Peristiwa Pelangi yang Mengelilingi Bulan

Korona Bulan, 2 Juni 2015, Argentina. Kredit: Sergio Montufar
Info Astronomy - Pernah melihat pelangi di sekitar Bulan seperti citra di atas? Itu adalah sebuah Lunar Corona atau Korona Bulan. Ini adalah peristiwa optis yang hampir sama namun berbeda dengan Moon Halo atau Halo Bulan.

Cincin pelangi seperti ini kadang-kadang akan muncul saat Bulan terlihat melalui awan tipis. Efek pelangi terbuat oleh difraksi mekanik kuantum cahaya di sekitar Bulan dengan elemen air pada awan.

Karena cahaya warna yang berbeda memiliki panjang gelombang yang berbeda, masing-masing warna juga mengalami difraksi yang berbeda.

Korona Bulan adalah salah satu dari beberapa efek warna mekanika kuantum yang dapat dengan mudah dilihat dengan mata telanjang. Biasanya terjadi saat Bulan mencapai fase Full Moon atau Bulan Purnama.
Korona Bulan, Peristiwa Pelangi yang Mengelilingi Bulan Korona Bulan, Peristiwa Pelangi yang Mengelilingi Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/18/2015 12:22:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.