Hilal dan Ramadan 1436 H pada 17 Juni

Hilal dan Ramadan 1436 H pada 17 Juni
Dok. Info Astronomy
Info Astronomy - Mulai saat Matahari terbenam pada 17 Juni 2015, umat Islam di seluruh dunia akan mencari Bulan Sabit (Hilal) untuk menentukan awal Ramadan 1436 H. Penampakan Hilal menandakan awal Bulan Suci Ramadan, bulan kesembilan dalam kalender hijriah. Akankah malam 17 Juni menjadi 1 Ramadan?

FYI, pergantian hari dalam kalender hijriah adalah saat Maghrib.

Jawabannya mungkin tidak, karena fase Bulan Baru (New Moon) adalah 16 Juni pukul 21:05 WIB. Pada tanggal 17 Juni, Bulan akan mendekati cakrawala, dan kenampakan Hilal diprediksi tak terlihat. Jika tidak terlihat pada 17 Juni, awal Ramadan akan menunggu sampai malam 18 Juni.

Perlu dipahami bahwa bulan Ramadan dapat mulai pada tanggal yang berbeda, tergantung pada lokasi geografis suatu wilayah. Pada tanggal 17 Juni, Anda akan lebih mudah untuk melihat Hilal dari Amerika Selatan daripada di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Afrika, Asia atau Indonesia.

Jadi mungkin Ramadhan bisa mulai pada malam 17 Juni bagi umat Islam di Amerika Selatan, tetapi malah dimulai pada 18 Juni untuk rekan-rekan mereka di tempat lain di seluruh dunia selain Amerika Selatan.

Namun begitu, mari kita tunggu keputusan pemerintah pada sidang itsbat. Selamat berpuasa.
Hilal dan Ramadan 1436 H pada 17 Juni Hilal dan Ramadan 1436 H pada 17 Juni Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/16/2015 03:07:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.