Cristiano Ronaldo Menjadi Nama Galaksi yang Baru Ditemukan, Galaksi CR7

Ronaldo dan galaksi CR7. Kredit: Goal.com
Info Astronomy - Pesepakbola berkebangsaan Portugal dan pemain bintang Real Madrid kini julukannya telah menjadi nama untuk penemuan baru di alam semesta, yakni sebuah galaksi, diyakini menjadi objek terang yang ditemukan di alam semesta awal.

Yup, galaksi ini resmi bernama Galaksi CR7.

Julukan "CR7" ini identik dengan Cristiano Ronaldo yang mantan pemain Manchester United, CR adalah Cristiano Ronaldo dan 7 adalah nomor punggung yang ia gunakan saat masih di Old Trafford maupun Santiago Bernabeu.

Namun, CR7 sekarang memiliki konotasi astronomis setelah European Southern Observatory (ESO) menamakan galaksi yang baru ditemukan untuk menghormati pemain berusia 30 tahun itu, dan menggambarkannya sebagai galaksi terang yang dapat ditemukan di alam semesta awal.

"Para astronom menggunakan Very Large Telescope milik ESO untuk menemukan galaksi paling terang yang pernah ditemukan di alam semesta awal ini dan menemukan bukti kuat bahwa contoh generasi pertama bintang berada di dalamnya," kata kelompok astronom ESO.

"Galaksi yang baru ditemukan ini, Galaksi CR7, tiga kali lebih terang dari galaksi-galaksi yang dikenal sampai sekarang. Bahkan Galaksi Bima Sakti kalah terangnya." tambah mereka.

Galaksi CR7. Kredit: ESO
CR7, dalam julukan astronomis, merupakan singkatan dari Cosmic Redshift 7, sebuah metode pengukuran lokasi atau titik benda angkasa di sepanjang skala waktu alam semesta.

Penemuan ini terjadi setelah studi baru dari langit. Astronom bertujuan menemukan bintang kuno yang dikenal sebagai bintang Populasi III, yang terbentuk sangat awal setelah Big Bang, dan diharapkan Galaksi CR7 akan membantu para ilmuwan memahami bagaimana unsur-unsur awal alam semesta.

"Objek-objek semesta pada Galaksi CR7 adalah objek yang membentuk atom berat pertama yang pada akhirnya memungkinkan kita untuk berada di sini (di Bumi). Memelajarinya adalah hal yang menarik!" kata ketua tim astronom ESO, David Sobral.