7 Juni 2015: Inilah Malam Terbaik untuk Observasi Planet Venus!

Venus, planet terdekat kedua dengan Matahari setelah Merkurius bakal mencapai titik elongasi tertingginya pada Minggu, 7 Juni 2015.
7 Juni 2015: Inilah Malam Terbaik untuk Observasi Planet Venus!
Planet Venus di langit malam Bandung, Indonesia. Kredit: Ivana Wijaya
Info Astronomy - Venus, planet terdekat kedua dengan Matahari setelah Merkurius sekaligus planet paling mirip Bumi (ya, Mars kalah dengan Venus soal mirip tidaknya dengan Bumi) bakal mencapai titik elongasi tertingginya pada Minggu, 7 Juni 2015.

Sang Bintang Kejora --begitu julukannya-- alias Planet Venus bakal berkedudukan 45° dari arah Timur Matahari saat ini. Venus tidak bisa mendapatkan sudut elongasi lebih jauh dari 45° dari matahari di langit Bumi karena orbit Venus berada di dalam orbit Bumi.

Ini adalah malam terbaik untuk observasi Planet Venus, ia bakal bersinar terang di magnitudo -5,0. Dari Indonesia, Venus akan mulai terlihat sekitar 17:56 waktu lokal, ia bakal nangkring 40° di atas cakrawala Barat Laut Anda. Venus kemudian akan tenggelam menuju cakrawala, sekitar 3 jam 17 menit setelah Matahari terbenam, atau pada 20:58 waktu lokal.

Untuk mengamati Planet Venus, Anda perlu teleskop untuk melihat kenampakannya lebih jelas. Namun tidak perlu kuatir, Anda tetap bisa melihat Venus dengan mata telanjang.

Venus akan nampak bagai bintang paliiiiiing terang di langit Barat Laut (sebelah kanan dari arah Barat bagi Anda yang masih bingung di mana arah Barat Laut). Saking terangnya, Anda akan merasakan sensasi jika Bumi memiliki 'Bulan Mini', alias versi mininya dari Bulan. Ah, pokoknya begitu.

Tidak perlu takut dan cemas dengan peristiwa ini, ini bukan awal dari bencana gempa, kiamat atau semacamnya. Ini adalah peristiwa langit yang sayang untuk dilewatkan.

Mari berburu Venus!