Tahapan Menuju Roket Pengorbit Satelit, LAPAN Berhasil Luncurkan RX-450

Peluncuran roket RX-450 oleh LAPAN. Kredit: Rizki, Humas LAPAN
Info Astronomy - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berhasil meluncurkan roket RX-450. Peluncuran berlangsung di Balai Produksi dan Pengujian Roket Pameungpeuk, Jawa Barat, Rabu (13/5). RX 450 merupakan roket sonda yang mempunyai diameter 450 mm yang dapat digunakan untuk mengukur parameter atmosfer.

Roket ini direncanakan mampu mencapai ketinggian dan jangkauan maksimum berturut-turut sebesar 44 km dan 129 km jika ditembakkan pada sudut elevasi 70 derajat. Roket RX 450 merupakan bagian dari roket bertingkat yang akan digunakan sebagai Roket Pengorbit Satelit (RPS).

Uji terbang roket ini merupakan bagian dari tahapan dalam penguasaan roket RPS yang direncanakan dapat membawa muatan satelit hingga 50 kg ke orbit rendah di atas permukaan Bumi. Pada uji terbang roket RX 450 tersebut motor roket dapat berfungsi dengan baik untuk membawa terbang roket. Beberapa hal masih harus terus dilakukan untuk memperoleh hasil terbang yang maksimal.

Setelah peluncuran RX-450, LAPAN berencana untuk menuju peluncuran berikutnya yaitu RX-550 dan roket berdiameter yang lebih besar. Hasil peluncuran tersebut menjadikan motivasi bagi LAPAN untuk lebih maju dalam peningkatan dan pengembangan teknologi antariksa khususnya roket.

Peluncuran disaksikan oleh Kepala Lapan Prof. Thomas Djamaluddin, Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Dr. Rika Andiarti beserta pejabat struktural dan para peneliti LAPAN, perwakilan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, serta PT Pindad.

Referensi: http://www.lapan.go.id/index.php/subblog/read/2015/1434/Tahapan-Menuju-Roket-Pengorbit-Satelit-Lapan-Berhasil-Luncurkan-RX-450/berita
Tahapan Menuju Roket Pengorbit Satelit, LAPAN Berhasil Luncurkan RX-450 Tahapan Menuju Roket Pengorbit Satelit, LAPAN Berhasil Luncurkan RX-450 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/18/2015 03:47:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.